PENGARUH TEKNIK SELF TALK TERHADAP RESILIENSI SISWA DI SMA NEGERI 8 MAKASSAR

RISQA AMALIA (2022) PENGARUH TEKNIK SELF TALK TERHADAP RESILIENSI SISWA DI SMA NEGERI 8 MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (27kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.docx

Download (28kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
MOTO.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB 1,2,3,4 DAN 5.docx

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 jadwal pelaksanaan.docx

Download (20kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2 skenario.docx

Download (36kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3 56 item kisikisi angket sebelum ujicoba.docx

Download (21kB)
[img] Text
LAMPIRAN 4 skala resiliensi 56 item SEBELUM uji coba.docx

Download (30kB)
[img] Text
LAMPIRAN 5 42 item kisikisi angket setelah ujicoba.docx

Download (23kB)
[img] Text
LAMPIRAN 6 skala resiliensi 42 item SETELAH uji coba.docx

Download (29kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (96kB)

Abstract

RISQA AMALIA, 2018, Pengaruh Teknik Self Talk Terhadap Resiliensi Siswa di SMA Negeri 8 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd dan Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah pengaruh teknik self talk terhadap resiliensi siswa di SMA Negeri 8 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran resiliensi siswa di SMA Negeri 8 Makassar?, (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik self talk di SMA Negeri 8 Makassar?, (3) Bagaimana pengaruh teknik self talk terhadap resiliensi siswa di SMA Negeri 8 Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui dan memahami gambaran resiliensi siswa di SMA Negeri 8 Makassar, 2. Untuk mengetahui dan memahami pelaksanaan teknik Self Talk di SMA Negeri 8 Makassar, 3. Untuk mengetahui dan memahami pengaruh teknik Self Talk terhadap resiliensi siswa di SMA Negeri 8 Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat eksperimen terhadap 20 populasi dan terhadap 10 subjek penelitian yang merupakan siswa yang teridentifikasi memiliki resiliensi rendah di SMA Negeri 8 Makassar. Penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa skala dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis yaitu non parametric dengan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Resiliensi siswa di SMA Negeri 8 Makassar sebelum diberikan perlakuan berupa teknik self talk berada pada kategori “rendah” dan setelah diberikan perlakuan teknik self talk berada pada kategori “tinggi”. (2) Pelaksanaan teknik self talk dilakukan dalam konseling kelompok yang terdiri atas 4 tahap, tahap pertama yaitu identifikasi self talk negatif, tahap kedua yaitu mengubah self talk negatif menjadi positif, tahap ketiga yaitu mengucapkan self talk positif, melakukan thought stopping dan mengucapkan self talk positif, tahap keempat yaitu menerapkan self talk positif dalam kehidupan sehari-hari. (3) Teknik self talk secara signifikan dapat mempengaruhi resiliensi siswa di SMA Negeri 8 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:25
Last Modified: 28 Oct 2022 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25101

Actions (login required)

View Item View Item