PENERAPAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SANTRI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SMP BUQ’ATUN MUBARAKAH MAKASSAR

MUH. NURHIDAYAT HL (2022) PENERAPAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SANTRI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SMP BUQ’ATUN MUBARAKAH MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL Luar.docx

Download (22kB)
[img] Text
1. SAMPUL. Dalam.docx

Download (26kB)
[img] Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING ilha.docx

Download (29kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (15kB)
[img] Text
4. MOTTO.docx

Download (15kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
6. PRAKATA.docx

Download (38kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.docx

Download (16kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.docx

Download (15kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
1 LAMPIRAN Jadwal.docx

Download (15kB)
[img] Text
2.1 Lampiran Skenario.docx

Download (25kB)
[img] Text
2.2 Lampiran jadwal pelaksanaan.docx

Download (31kB)
[img] Text
2.3 PELAKSANAAN TOKEN ECONOMY.docx

Download (16kB)
[img] Text
4 Lampiran Angket setelah uji coba.docx

Download (22kB)
[img] Spreadsheet
5 Lampiran Uji Coba Lapangan.xlsx

Download (22kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (44kB)

Abstract

Muh Nurhidayat HL, 2018. Penerapan teknik token economy untuk meningkatkan motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an di SMP Buq’atun Mubarakah. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdul Saman, M.Si, Kons. dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini meneliti penerapan teknik token economy untuk meningkatkan motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an di SMP Buq’atun Mubarakah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah tingkat motivasi menghafal Al-Qur’an di SMP Buq’atun Mubarakah? (2) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan teknik token economy dalam meningkatkan motivasi santri menghafal Al-Qur’an? (3) Apakah teknik token economy dapat meningkatkan motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an di SMP Buq’atun Mubarakah?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui: (1) Gambaran tingkat motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an di SMP Buq’atun Mubarakah, (2) Gambaran pelaksanaan teknik token economy dalam meningkatkan motivasi santri menghafal Al-Qur’an, (3) Teknik token economy dapat meningkatkan motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an di SMP Buq’atun Mubarakah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian True Experimental Designs. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design terhadap 30 sampel penelitian yang merupakan siswa kelas VII di SMP Buq’atun Mubarakah, 15 santri kelompok eksperimen dan 15 santri kelompok kontrol, dan penarikan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yang kemudian sampel dibagi kedalam kelompok eksperimen atau kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket dan observasi. Analisis data dengan menggunakan statistik parametrik t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an sebelum diberikan teknik token economy berada pada kategori sedang (2) Pelaksanaan teknik token economy di SMP Buq’atun Mubarakah dilaksanakan dalam 5 tahap sesuai skenario, meliputi: tahap pertama persiapan pelaksanaan teknik token economy, tahap kedua token economy I, tahap ketiga token economy II, tahap keempat token economy III, dan tahap kelima evaluasi pelaksanaan token economy. Berdasarkan hasil pengamatan observasi pada pertemuan pertama, 6 santri berada pada kategori sangat tinggi, 3 santri berada pada kategori tinggi, 6 santri berada pada kategori sedang. Pada pertemuan kedua, 7 santri berada pada kategori sangat tinggi, 8 santri berada pada kategori tinggi. Pada pertemuan ketiga, 13 santri berada pada kategori sangat tinggi, 2 santri berada pada kategori tinggi. Pada pertemuan keempat, 13 santri berada pada kategori sangat tinggi, 2 santri berada pada kategori tinggi. Pada pertemuan kelima, 15 santri berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka pada setiap pertemuan, partisipasi santri mengalami peningkatan dan memberikan bukti bahwa kegiatan yang dilaksanakan dapat diikuti dengan baik oleh para santri dilihat dari jumlah token yang diakumulasikan oleh santri setiap pertemuan. (3) Penerapan teknik token economy dapat meningkatkan motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an di SMP Buq’atun Mubarakah. Kata Kunci: Teknik Token Economy, motivasi menghafal Al-Qur’an

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:02
Last Modified: 28 Oct 2022 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25098

Actions (login required)

View Item View Item