MUH. NURHIDAYAT HL (2022) PENERAPAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SANTRI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SMP BUQ’ATUN MUBARAKAH MAKASSAR.
Text
SAMPUL Luar.docx Download (22kB) |
|
Text
1. SAMPUL. Dalam.docx Download (26kB) |
|
Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING ilha.docx Download (29kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (15kB) |
|
Text
4. MOTTO.docx Download (15kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.docx Download (17kB) |
|
Text
6. PRAKATA.docx Download (38kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.docx Download (16kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.docx Download (15kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (16kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (63kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (35kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (21kB) |
|
Text
1 LAMPIRAN Jadwal.docx Download (15kB) |
|
Text
2.1 Lampiran Skenario.docx Download (25kB) |
|
Text
2.2 Lampiran jadwal pelaksanaan.docx Download (31kB) |
|
Text
2.3 PELAKSANAAN TOKEN ECONOMY.docx Download (16kB) |
|
Text
4 Lampiran Angket setelah uji coba.docx Download (22kB) |
|
Spreadsheet
5 Lampiran Uji Coba Lapangan.xlsx Download (22kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (44kB) |
Abstract
Muh Nurhidayat HL, 2018. Penerapan teknik token economy untuk meningkatkan motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an di SMP Buq’atun Mubarakah. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdul Saman, M.Si, Kons. dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini meneliti penerapan teknik token economy untuk meningkatkan motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an di SMP Buq’atun Mubarakah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah tingkat motivasi menghafal Al-Qur’an di SMP Buq’atun Mubarakah? (2) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan teknik token economy dalam meningkatkan motivasi santri menghafal Al-Qur’an? (3) Apakah teknik token economy dapat meningkatkan motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an di SMP Buq’atun Mubarakah?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui: (1) Gambaran tingkat motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an di SMP Buq’atun Mubarakah, (2) Gambaran pelaksanaan teknik token economy dalam meningkatkan motivasi santri menghafal Al-Qur’an, (3) Teknik token economy dapat meningkatkan motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an di SMP Buq’atun Mubarakah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian True Experimental Designs. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design terhadap 30 sampel penelitian yang merupakan siswa kelas VII di SMP Buq’atun Mubarakah, 15 santri kelompok eksperimen dan 15 santri kelompok kontrol, dan penarikan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yang kemudian sampel dibagi kedalam kelompok eksperimen atau kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket dan observasi. Analisis data dengan menggunakan statistik parametrik t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an sebelum diberikan teknik token economy berada pada kategori sedang (2) Pelaksanaan teknik token economy di SMP Buq’atun Mubarakah dilaksanakan dalam 5 tahap sesuai skenario, meliputi: tahap pertama persiapan pelaksanaan teknik token economy, tahap kedua token economy I, tahap ketiga token economy II, tahap keempat token economy III, dan tahap kelima evaluasi pelaksanaan token economy. Berdasarkan hasil pengamatan observasi pada pertemuan pertama, 6 santri berada pada kategori sangat tinggi, 3 santri berada pada kategori tinggi, 6 santri berada pada kategori sedang. Pada pertemuan kedua, 7 santri berada pada kategori sangat tinggi, 8 santri berada pada kategori tinggi. Pada pertemuan ketiga, 13 santri berada pada kategori sangat tinggi, 2 santri berada pada kategori tinggi. Pada pertemuan keempat, 13 santri berada pada kategori sangat tinggi, 2 santri berada pada kategori tinggi. Pada pertemuan kelima, 15 santri berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka pada setiap pertemuan, partisipasi santri mengalami peningkatan dan memberikan bukti bahwa kegiatan yang dilaksanakan dapat diikuti dengan baik oleh para santri dilihat dari jumlah token yang diakumulasikan oleh santri setiap pertemuan. (3) Penerapan teknik token economy dapat meningkatkan motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an di SMP Buq’atun Mubarakah. Kata Kunci: Teknik Token Economy, motivasi menghafal Al-Qur’an
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 02:02 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 02:02 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25098 |
Actions (login required)
View Item |