PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU KETERGANTUNGAN MEDIA SOSIAL DI SMA NEGERI 9 MAKASSAR

NURWAHYU ISLAMIAH (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU KETERGANTUNGAN MEDIA SOSIAL DI SMA NEGERI 9 MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (154kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (16kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (18kB)
[img] Text
SEMUA BAB.docx

Download (104kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.docx

Download (39kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2 dan 3.docx

Download (51kB)
[img] Text
LAMPIRAN 4-5.docx

Download (38kB)
[img] Text
LAMPIRAN 6.docx

Download (25kB)
[img] Text
LAMPIRAN 7-9.docx

Download (38kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (33kB)

Abstract

Nurwahyu Islamiah, 2018, Penerapan Teknik Self Management untuk Mengurangi Perilaku Ketergantungan Media Sosial Siswa di SMA Negeri 9 Makassar. Skrip. Dibimbing oleh Dr. Abdul Saman, M. Si.Kons. dan Prof. Dr.H.Alimuddin Mahmud, M.Pd Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik self management untuk mengurangi ketergantungan media sosial siswa di SMA Negeri 9 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah. (1) Bagai manakah gambaran tingkat ketergantungan media sosial pada siswa di SMA Negeri 9 Makassar. (2) Bagai manakah gambaran penerapan teknik self management di SMA Negeri 9 Makassar. (3) Apakah penerapan teknik self management dapat menurunkan ketergantungan media sosial siswa di SMAN 9 Makassar? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Gambaran ketergantungan media sosial siswa di SMA Negeri 9 Makassar. (2) Gambaran teknik self Management di SMA Negeri 9 Makassar. (3) penerapan teknik self management dapat mengurangi ketergantungan media sosial siswa di SMA Negeri 9 Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian pre eksperimental desaignes, terhadap 38 populasi dan terhadap 10 subjek penelitian yang merupakan siswa yang teridentifikasi memiliki tingkat ketergantungan media sosial sangat tinggi di SMA Negeri 9 Makassar. Penarikan sampel menggunakan Simple Rendom Sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial nonparametric wilcoxon signed ranks test yang digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil ini menunjukkan bahwa: (1) ketergantungan media sosial pada siswa di SMA Negeri 9 Makassar sebelum diterapkan teknik self management berada pada kategori “tinggi” dan setelah diberikan perlakuan teknik self management berada pada kategori “rendah” (2) pelaksanaan teknik self management dilakukan dalam konseling kelompok yang terdiri dari 6 tahapan dan berjalan sesuai dengan skenario yaitu tahap pertama rasional penggunaan teknik self management, tahap kedua monitoring diri atau observasi diri, tahap ketiga mengatur lingkungan, tahap keempat evaluasi diri, tahap kelima pemberian penguatan, penghapusan hukuman, tahap keenam evaluasi dan follo Up. (3) penerapan teknik self management dapat mengurangi ketergantungan media sosial di SMA Negeri 9 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Oct 2022 00:58
Last Modified: 28 Oct 2022 00:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25095

Actions (login required)

View Item View Item