IKMAL HIDAYAT (2022) PENERAPAN TEKNIK STRESS INOCULATION TRAINING (SIT) UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 33 MAKASSAR.
Text
sampul lengkap.doc Download (237kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (37kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (62kB) |
|
Text
Bab III.docx Download (49kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (27kB) |
|
Text
Lampiran 1 RPL.docx Download (26kB) |
|
Text
Lampiran 2 Skenario.docx Download (38kB) |
|
Text
Lampiran 3 dan 4 kisi kisi dan skala sebelum uji coba.docx Download (31kB) |
|
Text
lampiran 5 skor uji coba lapangan.docx Download (43kB) |
|
Text
Lampiran 6 dan 7 Validitas dan Realibilitas.docx Download (25kB) |
|
Text
lampiran 8 dan 9 kisi- kisi dan skala setelah ujicoba.docx Download (35kB) |
|
Text
lampiran 10 pretest kelompok eksperimen.docx Download (30kB) |
|
Text
Lampiran 24 Dokumentasi.docx Download (3MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (46kB) |
Abstract
Ikmal Hidayat, 2018. Penerapan Teknik Stress Inoculation Training (SIT) untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa di SMP Negeri 33 Makassar. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M.Si dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu tingginya tingkat kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 33 Makassar. Adapun rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana gambaran tingkat kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 33 Makassar? 2) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik Stress Inoculation Training (SIT) dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 33 Makassar? 3) Apakah penerapan teknik Stress Inoculation Training (SIT) dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 33 Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran tingkat kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 33 Makassar 2) Gambaran pelaksanaan teknik Stress Inoculation Training (SIT) dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 33 Makassar 3) Apakah penerapan teknik Stress Inoculation Training (SIT) dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 33 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model quasi experimental design. Desain eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 70 siswa dan sampel penelitian sebesar 20 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 10 siswa. Penarikan sampel dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala kejenuhan belajar dan pedoman observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial, yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 33 Makassar sebagian besar berada pada kategori tinggi 2) Pelaksanaan teknik Stress Inoculation Training (SIT) dilaksanakan melalui lima kali pertemuan. Pada saat pelaksanaan teknik Stress Inoculation Training (SIT), partisipasi siswa berada pada kategori sangat tinggi. 3) Penerapan teknik Stress Inoculation Training (SIT) dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 33 Makassar Kata Kunci: Teknik Stress Inoculation Training (SIT), Kejenuhan Belajar Siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 00:49 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 00:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25094 |
Actions (login required)
View Item |