ST. YULINDAH MUHAJIR (2022) PENERAPAN TEKNIK THOUGHT STOPPING UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA DI SMA NEGERI 1 TAKALAR.
Text
SAMPUL AWAL.docx Download (35kB) |
|
Text
SAMPIRAN.docx Download (51kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (41kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (90kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (44kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (29kB) |
|
Text
lampiran 1 pelaksanaan.docx Download (42kB) |
|
Text
lampiran 2 skenario.docx Download (30kB) |
|
Text
lampiran 3 kisikisi sebelum ujicoba.docx Download (27kB) |
|
Text
Lampiran 5 kisi kisi setelah ujicoba.docx Download (21kB) |
|
Text
lampiran 6 Angket setelah ujicoba.docx Download (24kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (41kB) |
Abstract
ST.YULINDAH MUHAJIR, 2017. Penerapan Teknik Thought Stopping untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa di SMA Negeri 1 Takalar . Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud M.Pd dan Dr. Abdul Saman, M.Si. Kons. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Thought Stopping untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa di SMA Negeri 1 Takalar. Tujuan dari penelitian yaitu: 1. Untuk mengetahui tingkat self esteem siswa di SMA Negeri 1 Takalar. 2. Untuk mengetahui pelaksanaan teknik thought stopping dalam meningkatkan self esteem siswa di SMA Negeri 1 Takalar. 3. Untuk mengetahui penerapan teknik thougth stopping dapat meningkatkan self esteem siswa di SMA Negeri 1 Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre-Experimental Desaign, desain eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest—Posttest Design terhadap 10 sampel penelitian yang merupakan siswa SMA Negeri 1 Takalar, yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis. Kesimpulan ini adalah: 1. Self esteem siswa di SMA Negeri 1 Takalar sebelum dilakukan perlakuan teknik thought stopping berada pada kategori “rendah” dan setelah diterapkan perlakuan teknik thought stopping berada pada kategori “tinggi”, 2. Gambaran penerapan teknik thought stopping untuk meningkatkan self esteem siswa di SMA Negeri 1 Takalar dilaksanakan 5 kali pertemuan dengan 5 kali tahapan kegiatan yakni, Rasionalisasi dan identifikasi pikiran yang mengganggu membuat siswa sadar tentang pikiran negatif yang sering muncul, Overt interuption counselor mengetahui cara mengontrol dirinya, Overt interuption client terbiasa mengontrol dirinya saat self esteemnya muncul, pengendalian pemutusan pikiran yang positif mengganti pikran negatif menjadi positif, tahap terakhir tindak lanjut yakni terlatih mengontrol dirinya sewaktu-waktu pikiran negatif muncul. 3. Penerapan teknik Thought Stopping meningkatkan self esteem siswa di SMA Negeri 1 Takalar. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan kepada guru pembimbing, hendaknya dapat menerapkan teknik thought stopping sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan self esteem siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 00:44 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 00:44 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25093 |
Actions (login required)
View Item |