PENERAPAN TEKNIK THOUGHT STOPPING UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA DI SMA NEGERI 1 TAKALAR

ST. YULINDAH MUHAJIR (2022) PENERAPAN TEKNIK THOUGHT STOPPING UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA DI SMA NEGERI 1 TAKALAR.

[img] Text
SAMPUL AWAL.docx

Download (35kB)
[img] Text
SAMPIRAN.docx

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (90kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (29kB)
[img] Text
lampiran 1 pelaksanaan.docx

Download (42kB)
[img] Text
lampiran 2 skenario.docx

Download (30kB)
[img] Text
lampiran 3 kisikisi sebelum ujicoba.docx

Download (27kB)
[img] Text
Lampiran 5 kisi kisi setelah ujicoba.docx

Download (21kB)
[img] Text
lampiran 6 Angket setelah ujicoba.docx

Download (24kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (41kB)

Abstract

ST.YULINDAH MUHAJIR, 2017. Penerapan Teknik Thought Stopping untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa di SMA Negeri 1 Takalar . Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud M.Pd dan Dr. Abdul Saman, M.Si. Kons. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Thought Stopping untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa di SMA Negeri 1 Takalar. Tujuan dari penelitian yaitu: 1. Untuk mengetahui tingkat self esteem siswa di SMA Negeri 1 Takalar. 2. Untuk mengetahui pelaksanaan teknik thought stopping dalam meningkatkan self esteem siswa di SMA Negeri 1 Takalar. 3. Untuk mengetahui penerapan teknik thougth stopping dapat meningkatkan self esteem siswa di SMA Negeri 1 Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre-Experimental Desaign, desain eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest—Posttest Design terhadap 10 sampel penelitian yang merupakan siswa SMA Negeri 1 Takalar, yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis. Kesimpulan ini adalah: 1. Self esteem siswa di SMA Negeri 1 Takalar sebelum dilakukan perlakuan teknik thought stopping berada pada kategori “rendah” dan setelah diterapkan perlakuan teknik thought stopping berada pada kategori “tinggi”, 2. Gambaran penerapan teknik thought stopping untuk meningkatkan self esteem siswa di SMA Negeri 1 Takalar dilaksanakan 5 kali pertemuan dengan 5 kali tahapan kegiatan yakni, Rasionalisasi dan identifikasi pikiran yang mengganggu membuat siswa sadar tentang pikiran negatif yang sering muncul, Overt interuption counselor mengetahui cara mengontrol dirinya, Overt interuption client terbiasa mengontrol dirinya saat self esteemnya muncul, pengendalian pemutusan pikiran yang positif mengganti pikran negatif menjadi positif, tahap terakhir tindak lanjut yakni terlatih mengontrol dirinya sewaktu-waktu pikiran negatif muncul. 3. Penerapan teknik Thought Stopping meningkatkan self esteem siswa di SMA Negeri 1 Takalar. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan kepada guru pembimbing, hendaknya dapat menerapkan teknik thought stopping sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan self esteem siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Oct 2022 00:44
Last Modified: 28 Oct 2022 00:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25093

Actions (login required)

View Item View Item