PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENDEKATAN KOGNITIF KONSTRUKTIVISTIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

Habibah, Sitti (2015) PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENDEKATAN KOGNITIF KONSTRUKTIVISTIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Jurnal Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, 1 (1). pp. 1-151. ISSN 2476-9835

[img]
Preview
Text (Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Jurnal Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan - Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui...pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Peer Review - Jurnal Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan - Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui...pdf - Additional Metadata

Download (1MB) | Preview

Abstrak: Penilitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan usaha perbaikan pendidikan atau upaya nyata perbaikan mutu pendidikan terjadi di sekolah dan lebih khusus di kelas, 2) benarkan pendekatan kognitif konstruktivistik dapat memacu siswa untuk lebih kreatif dan inovatif untukm memecahkan masalah yang dihadapinya secara mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; upaya-upaya di dalam pengelolaan pembelajaran yang konstruktivistik dapat dilihat dari tiga tahapan yaitu: tahap persiapan, meliputi: a) mempersiapkan bahan yang mau diajarkan, b) mempersiapkan alat-alat peraga, c) mempersiapkan pertanyaan/arahan untuk merangsang siswa aktif belajar, dsan d) mempelajari keadaan siswa, mengerti kelebihan dan kelemahan siswa. Tahap pelaksanaan, meliputi: a) mengajak siswa aktif belajar, b) siswa dibiarkan bertanya, c) menggunakan metode ilmiah dalam proses penemuan sehingga siswa merasa menemukan sendiri pengetahuan mereka, dan d) menggunakan vasiari metode pembelajaran seperti studi kelompok, studi diluar kelas dan studi diluar sekolah. Tahap evaluasi meliputi: a) Guru memberi pekerjaan rumah, mengumpulkan dan mengoreksinya, b) memberikan tugas lain untuk pendalaman, c) memberikan tes yang membuat siswa berfikir bukan menghafal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Proses belejar mengajar, mutu, dan pendekatan kognitif
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: PAK Kepegawaian UNM
Date Deposited: 18 Apr 2017 11:14
Last Modified: 18 Apr 2017 11:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2483

Actions (login required)

View Item View Item