Habibah, Sitti (2015) PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENDEKATAN KOGNITIF KONSTRUKTIVISTIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Jurnal Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, 1 (1). pp. 1-151. ISSN 2476-9835
|
Text (Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Jurnal Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan - Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui...pdf - Published Version Download (9MB) | Preview |
|
|
Text (Peer Review Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Peer Review - Jurnal Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan - Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui...pdf - Additional Metadata Download (1MB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Penilitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan usaha perbaikan pendidikan atau upaya nyata perbaikan mutu pendidikan terjadi di sekolah dan lebih khusus di kelas, 2) benarkan pendekatan kognitif konstruktivistik dapat memacu siswa untuk lebih kreatif dan inovatif untukm memecahkan masalah yang dihadapinya secara mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; upaya-upaya di dalam pengelolaan pembelajaran yang konstruktivistik dapat dilihat dari tiga tahapan yaitu: tahap persiapan, meliputi: a) mempersiapkan bahan yang mau diajarkan, b) mempersiapkan alat-alat peraga, c) mempersiapkan pertanyaan/arahan untuk merangsang siswa aktif belajar, dsan d) mempelajari keadaan siswa, mengerti kelebihan dan kelemahan siswa. Tahap pelaksanaan, meliputi: a) mengajak siswa aktif belajar, b) siswa dibiarkan bertanya, c) menggunakan metode ilmiah dalam proses penemuan sehingga siswa merasa menemukan sendiri pengetahuan mereka, dan d) menggunakan vasiari metode pembelajaran seperti studi kelompok, studi diluar kelas dan studi diluar sekolah. Tahap evaluasi meliputi: a) Guru memberi pekerjaan rumah, mengumpulkan dan mengoreksinya, b) memberikan tugas lain untuk pendalaman, c) memberikan tes yang membuat siswa berfikir bukan menghafal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses belejar mengajar, mutu, dan pendekatan kognitif |
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | S.T., M.T. Faruq Ratuhaji |
Date Deposited: | 18 Apr 2017 11:14 |
Last Modified: | 18 Apr 2017 11:14 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2483 |
Actions (login required)
View Item |