PENERAPAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BULLYING DI SMA NEGERI 3 MAROS

ANDI NUR ANIS (2022) PENERAPAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BULLYING DI SMA NEGERI 3 MAROS.

[img] Text
1 SAMPUL LUAR.pdf

Download (41kB)
[img] Text
3 Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (90kB)
[img] Text
5 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
4 MOTTO.pdf

Download (93kB)
[img] Text
6 abstrak (Autosaved).pdf

Download (114kB)
[img] Text
7 PRAKATA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI ok.doc

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMP 12 ANALISIS DESKRIPTIF.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMP 13 HASIL ANALISIS STATISTIK DESKRIPTIF.pdf

Download (78kB)
[img] Text
LAMP 16 DATA HASIL ANALISI OBSERVASI.docx

Download (18kB)
[img] Text
LAMP 17 BAHAN INFORMASI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
LAMP 20 RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (66kB)

Abstract

Andi Nur Anisa, 2017. Penerapan teknik restrukturisasi kognitif untuk mereduksi perilaku bullying pada siswa di SMA Negeri 3 Maros. Skripsi. Dibimbing oleh Prof.Dr.Alimuddin Mahmud, M.Pd dan Dr.Abdul Saman, M.Si., Kons. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik restrukturisasi kognitif untuk mereduksi perilaku bullying pada siswa di SMA Negeri 3 Maros. Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah gambaran perilaku bullying di SMA Negeri 3 Maros? 2.Bagaimanakah gambaran pelaksanaan teknik Restrukturisasi kognitif dalam mereduksi perilaku bullying di SMA Negeri 3 Maros? 3. Apakah teknik Restrukturisasi kognitif dapat mereduksi perilaku Bullying di SMA Negeri 3 Maros? Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1. Untuk mengetahui gambaran perilaku bullying di SMA Negeri 3 Maros. 2. Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik Restrukturisasi kognitif dalam mereduksi perilaku bullying di SMA Negeri 3 Maros. 3. Untuk mengetahui teknik Restrukturisasi kognitif dapat mengurangi perilaku bullying di SMA Negeri 3 Maros. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Designs dengan desain one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Maros pada tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian sebanyak 12 siswa dengan teknik sampling Simple Random Sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Tingkat perilaku bullying sebelum diberikan perlakuan berupa teknik restrukturisasi kognitif berada pada kategori tinggi. Dan setelah diberikan perlakuan berupa restrukturisasi kognitif berada pada kategori rendah 2. Pelaksanaan retrukturisasi kognitif terdiri atas 8 tahap yaitu pemberian layanan informasi tentang perilaku bullying dan teknik restrukturisasi kognitif, assesmen dan diagnose, mengidentifikasi pikiran-pikiran negatif konseli, pemberian ”rekaman pemikiran”, melaksanakan tahap intervensi 1-6 dan evaluasi 3. Ada pengaruh implementasi teknik restrukturisasi kognitif dengan perilaku bullying siswa di SMA Negeri 3 Maros

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:59
Last Modified: 15 Sep 2022 03:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24725

Actions (login required)

View Item View Item