PENERAPAN TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 4 MAKASSAR

FATIMAH (2022) PENERAPAN TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 4 MAKASSAR.

[img] Text
fatimah.pdf

Download (4MB)

Abstract

FATIMAH, 2017. Penerapan Teknik Motivational Interviewing Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Makassar Skripsi. Dibimbing oleh Dr. H. M. Arifin Ahmad, MA dan Prof. Dr. Alimuddin Mahmud, M.Pd. Jurusan psikologi pendidikan dan bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Motivational Interviewing Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Makassar Masalah utama penelitian ini adalah: (1). Bagaimana gambaran pelaksanaan penerapan teknik Motivational Interviewing untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 4 Makassar. (2). Bagaimana gambaran tingkat kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 4 Makassar. (3). Apakah teknik Motivational Interviewing dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 4 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan penerapan teknik Motivational Interviewing untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 4 Makassar (2). Untuk mengetahui gambaran tingkat kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 4 Makassar. (3). Untuk mengetahui teknik Motivational Interviewing dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 4 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimen Desain terhadap 15 sampel penelitian, yang merupakan siswa kelas XI SMA Negeri 4 Makassar tahun ajaran 2017-2018. Jl. Cakalang. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskriptif dan Uji Hipotesis dengan mengunakan Non Parametric. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Pelaksanan Teknik Motivational Interviewing untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 4 Makassar. Dilaksanakan 4 kali, tahap pertama dengan memberikan informasi kepada siswa dan menjelaskan bentuk pelaksanaan teknik Motivational Interviewing. Agar siswa dapat memahami secara garis besar tentang kegiatan teknik Motivational Interviewing. (2). Gambaran Tingkat kemandirian belajar siswa sebelum diberi perlakuan (treatment) berupa Teknik Motivational Interviewing berada pada kategori rendah dan menunjukkan ada perubahan tingkah laku siswa setelah diberi perlakuan (treatment) berupa Teknik Motivational Interviewing berada pada kategori tinggi di SMA Negeri 4 Makassar. (3). Penerapan Teknik Motivational Interviewing dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 4 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:51
Last Modified: 15 Sep 2022 03:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24723

Actions (login required)

View Item View Item