PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI PERMAINAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DI TK PEMBINA PARIGI KABUPATEN GOWA

JUMARIAH (2022) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI PERMAINAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DI TK PEMBINA PARIGI KABUPATEN GOWA.

[img] Text
halaman depan - Copy.docx

Download (80kB)
[img] Text
BAB 1-5 + Lampiran.docx

Download (7MB)
[img] Text
Hal 131.docx

Download (22kB)
[img] Text
Hal 132.docx

Download (22kB)
[img] Text
Hal 138.docx

Download (25kB)

Abstract

JUMARIAH. 2017. Penerapan Bimbingan Kelompok Melalui Permainan Kooperatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak di TK Pembina Parigi Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Hj. Kustiah Sunarty, M.Pd dan Dr. Abdul Saman, M.Si. Kons. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan bimbingan kelompok melalui permainan kooperatif untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak di TK Pembina Parigi Kabupaten Gowa. Rumusan Masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan interaksi sosial anak di TK Pembina Parigi Kabupaten Gowa. 2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok melalui permainan kooperatif dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak di TK Pembina Parigi Kabupaten Gowa. 3) Apakah penerapan bimbingan kelompok melalui permainan kooperatif dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak di TK Pembina Parigi Kabupaten Gowa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan interaksi sosial anak di TK Pembina Parigi Kabupaten Gowa. 2) Pelaksanaan bimbingan kelompok melalui permainan kooperatif dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak di TK Pembina Parigi Kabupaten Gowa. 3) Penerapan bimbingan kelompok melalui permainan kooperatif dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak di TK Pembina Parigi Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental, dengan desain One-Group Pretest—Posttest Design, dengan jumlah populasi 10 orang yang merupakan anak didik kelompok B di TK Pembina Parigi Kabupaten Gowa tahun ajaran 2017/2018, penarikan sampel 10 orang yang ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inverensial untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kemampuan interaksi sosial anak di TK Pembina Parigi Kabupaten Gowa sebelum diberikan bimbingan kelompok melalui permainan kooperatif berada pada kategori “Rendah”. Setelah diberikan perlakuan bimbingan kelompok melalui permainan kooperatif meningkat ke kategori “Sangat tinggi”. 2) Pelaksanaan bimbingan kelompok melalui permainan kooperatif dilakukan selama 3 kali pertemuan, dengan topik/tema berkomunikasi dengan baik, menjalin kerjasama, dan aku punya banyak teman, melalui tahap pembentukan, peralihan, kegiatan, dan pengakhiran. 3) Penerapan bimbingan kelompok melalui permainan kooperatif dapat meningkatkan secara signifikan kemampuan interaksi sosial anak di TK Pembina Parigi Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:27
Last Modified: 15 Sep 2022 03:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24720

Actions (login required)

View Item View Item