EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KARIER BERBASIS LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER SISWA DI SMA NEGERI 10 LUWU

Fakhriani Azzuhrah Fakhruddin (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KARIER BERBASIS LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER SISWA DI SMA NEGERI 10 LUWU.

[img] Text
SKRIPSI FAKHRIANI AZZUHRAH F 1344042029 PPB 2013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fakhriani Azzuhrah Fakhruddin, 2017. Skripsi. Efektivitas layanan bimbingan karier berbasis life skill untuk meningkatkan perencanaan karier siswa di SMA Negeri 10 Luwu . Dibimbing oleh Dr. Farida Aryani, S. Pd, M. Pd. dan Dr. Abdul Saman, M.Si., Kons. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan karier berbasis life skill untuk meningkatkan perencanaan karier siswa di SMA Negeri 10 Luwu. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran perencanaan karier siswa di SMA Negeri 10 Luwu ?. (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan metode bimbingan karier berbasis life skill untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa?. (3) Apakah layanan bimbingan karier berbasis life skill efektif meningkatkan perencanaan karier siswa di SMA Negeri 10 Luwu?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran perencanaan karier siswa SMA Negeri 10 Luwu. (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan metode bimbingan karier berbasis life skill untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa. (3) Untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan karier berbasis life skill dapat meningkatkan perencanaan karier siswa di SMA Negeri 10 Luwu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat eksperimen terhadap 45 populasi dan 20 sampel penelitian yang merupakan siswa teridentifikasi memiliki kemampuan perencanaan karier yang rendah. Penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen skala kemampuan perencanaan karier dan observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial non parametik yang digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Tingkat kemampuan perencanaan karier siswa di SMA Negeri 10 Luwu sebelum diberi perlakuan berupa bimbingan karier berbasis life skill baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol pada umumnya berada pada kategori sedang. Setelah diberi perlakuan, tingkat kemampuan perencanaan karier siswa mengalami peningkatan atau berada pada kategori sangat tinggi dan tinggi, sedangkan bagi siswa yang tidak diberi perlakuan tidak menunjukkan perubahan berarti atau tetap dalam kategori sedang. (2) Gambaran pelaksanaan layanan bimbingan karier berbasis life skill di bagi menjadi 4 tahap yang pertama tahap pemberian informasi mengenai personal skill, yang ke dua Pemberian informasi mengenai social skill, yang ke tiga pemberian informasi mengenai academic skill,dan yang ke empat pemberian informasi mengenai vocational skill. (3) Pemberian layanan bimbingan karier berbasis life skill efektif untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa di SMA Negeri 10 Luwu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:20
Last Modified: 15 Sep 2022 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24718

Actions (login required)

View Item View Item