PENERAPAN TEKNIK WANTS DIRECTION EVALUATION PLANNING (WDEP) UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SMKN 3 WATAMPONE

SRI WAHYUNI (2022) PENERAPAN TEKNIK WANTS DIRECTION EVALUATION PLANNING (WDEP) UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SMKN 3 WATAMPONE.

[img] Text
01 HALAMAN SAMPUL.docx

Download (34kB)
[img] Text
03 SAMPIRAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB I-V.docx

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN 12 analisis statistik BRU.docx

Download (46kB)
[img] Text
LAMPIRAN 13 uji hipotesis BRU.docx

Download (15kB)
[img] Text
LAMPIRAN 14 PEDOMAN OBSERVASI.docx

Download (23kB)
[img] Text
LAMPIRAN 15. data hasil presentasi observasi.docx

Download (17kB)
[img] Text
LAMPIRAN 20 DOKUMENTASI.docx

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN 21 RIWAYAT-HIDUP (1).doc

Download (143kB)

Abstract

SRI WAHYUNI. 2017. Penerapan Teknik wants direction evaluation planning (WDEP) Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa di SMKN 3 Watampone. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Kustiah Sunarty, M.Pd. dan Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik Wants Direction Evaluation Planning (WDEP) dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SMK Negeri 3 Watampone. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana gambaran disiplin belajar siswa di SMKN 3 Watampone ? 2. Bagaimana pelaksanaan teknik WDEP dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SMKN 3 Watampone ? 3. Apakah penerapan teknik WDEP dapat meningkatkan disiplin belajar siswa di SMKN 3 Watampone ?. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mengetahui gambaran disiplin belajar siswa di SMKN 3 Watampone. 2. Mengetahui gambaran pelaksanaan teknik WDEP dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SMKN 3 Watampone. 3. Mengetahui penerapan teknik WDEP dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SMKN 3 Watampone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMKN 3 Watampone sebanyak 40 siswa tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini sebanyak 10 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan skala dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang digunakan untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Tingkat disiplin belajar siswa di SMKN 3 Watampone sebelum diberikan teknik WDEP berada pada kategori “Sedang”. Setelah diberikan teknik WDEP, tingkat disiplin belajar siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori “Tinggi”. 2. Pelaksanaan teknik WDEP dilakukan melalui 4 tahap, yaitu tahap pengungkapan keinginan/ kebutuhan, tahap penggambaran perilaku saat ini, tahap penilaian perilaku dan tahap perencanaan tindakan dengan prosedur terdiri dari: (a) konselor mengeksplorasi keinginan siswa dengan memberi lembar pertanyaan wants (b) konselor membantu siswa menggambarkan perilaku yang sedang terjadi dengan bantuan lembar tugas (c) konselor bersama siswa melakukan penilain terhadap perilaku siswa (d) siswa merencanakan tindakan perubahan melalui kontrak tertulis serta siswa berkomitmen untuk menampilkan rencana perubahan perilaku. 3. Penerapan teknik WDEP dapat meningkatkan disiplin belajar siswa di SMKN 3 Watampone.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:31
Last Modified: 15 Sep 2022 02:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24711

Actions (login required)

View Item View Item