HUSNIATI (2022) PENERAPAN SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR KELOMPOK PADA SISWA DI MAN 2 MODEL MAKASSAR.
Text
1 SAMPUL LUAR.docx Download (18kB) |
|
Text
3 persetujuan pembimbing.docx Download (47kB) |
|
Text
5 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (13kB) |
|
Text
4 MOTTO.docx Download (13kB) |
|
Text
6 ABSTRAK.docx Download (18kB) |
|
Text
7 PRAKATA.docx Download (18kB) |
|
Text
8 DAFTAR ISI.docx Download (24kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (19kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (46kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (31kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
LAMPIRAN 14 PEDOMAN OBSERVASI 2.docx Download (19kB) |
|
Text
LAMPIRAN 15 HASIL OBSERVASI.docx Download (24kB) |
|
Text
LAMPIRAN 16 DATA ANALISIS OBSERVASI.docx Download (16kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.docx Download (475kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (40kB) |
Abstract
HUSNIATI. 2016. Penerapan Self Management unuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Kelompok pada Siswa di MAN 2 Model Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Muhammad Anas, M. Si dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M. Pd Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan self management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar kelompok pada siswa di MAN 2 model Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran kedisiplinan siswa dalam belajar kelompok sebelum diberikan bimbingan manajemen diri (self management) di MAN 2 Model Makasar. (2) Bagaimana gambaran kedisiplinan siswa dalam belajar kelompok setelah diberikan bimbingan manajemen diri (self management) di MAN 2 Model Makasar. (3) Bagaimana pengaruh bimbingan manajemen diri (self management) dalam meningkatkan kedisiplinan belajar kelompok pada siswa di MAN 2 Model Makassar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran kedisiplinan siswa dalam belajar kelompok sebelum diberikan bimbingan manajemen diri (self management) di MAN 2 Model Makassar. (2) Untuk mengetahui gambaran kedisiplinan siswa dalam belajar kelompok setelah diberikan bimbingan manajemen diri (self management) di MAN 2 Model Makassar. (3) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan manajemen diri (self management) dalam meningkatkan kedisiplinan belajar kelompok pada siswa di MAN 2 Model Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimen Design terhadap 10 sampel penelitian, yang merupakan siswa kelas XI IKA (Ilmu Keagamaan) di MAN 2 Model Makassar tahun ajaran 2016/2017. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket dan observasi. Analisis data yang digunakan analisis Statistik Deskriptif, dan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Teknik Self Management terdiri atas 4 tahapan yaitu Self Monitoring, Self Reward, Stimulus Control, Self Punishment. (2) Tingkat Kedisiplinan Belajar Kelompok sebelum diberikan Teknik Self Management berada pada kategori rendah dan setelah diberikan Teknik Self Management berada pada kategori tinggi. (3) Penerapan Teknik Self Management dapat Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Kelompok pada Siswa di MAN 2 Model Makasssar. Kesimpilan penelitian menunjukan bahwa: (1) Tingkat kedisiplinan belajar kelompok siswa sebelum diberikan bimbingan manajemen diri (Self Management) sangat rendah yang ditandai pada pemberian pretest secara umum berada pada kategri sangat rendah. (2) Tingkat kedisiplinan belajar kelompok siswa sebelum diberikan bimbingan manajemen diri (Self Management) meningkat yang ditandai pada pemberian posttest secara umum berada pada kategri sangat tinggi. (3) Penerapan teknik self management berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa dalam hal pengaruh kedisiplinan belajar kelompok pada siswa di MAN 2 Model Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 01:08 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 01:08 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24701 |
Actions (login required)
View Item |