Perbedaan hardiness dan strategi coping ditinjau dari perbedaan jenis kelamin pada mahasiswa tingkat akhir

Hamzah S, Hamzah S (2015) Perbedaan hardiness dan strategi coping ditinjau dari perbedaan jenis kelamin pada mahasiswa tingkat akhir. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Hamzah S..docx

Download (12kB)

ABSTRAK Hamzah S.2015. Perbedaan hardiness dan strategi coping ditinjau dari perbedaan jenis kelamin pada mahasiswa tingkat akhir. Skripsi. Makassar. Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Dosen Pembimbing: (1) Ahmad, (2) Dian Novita Siswanti. Pengerjaan skripsi pada mahasiswatingkat akhir rentang mengalami stress pemilihan strategi coping yang tepat menentukan keberhasilan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi selain itu diperlukan kepribadian hardiness sehingga mahasiswa menunjukkan orientasi yang optimis terhadap hal-hal yang menyebabkan stress, namun kenyataannya pada mahasiswa tingkatakhir banyaktersendat dalam menyusun skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hardinessdan strategi coping ditinjau dari jenis kelamin pada mahasiswa tingkat akhir di UNM. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian iniadalahaccidential sampling dengan jumlah responden sebanyak 360 mahasiswa. Instrumen penelitian diukur dengan menggunakan skala hardiness dan strategi coping. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan komparasi Mann Withney U Testdengan bantuan SPSS 21.0 for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hardiness dan strategi coping PFC dan EFC ditinjau dari jenis kelamin pada mahasiswa tingkat akhir di UNM. Hardinesspada mahasiswa tingkat akhir berada dalam kategori sedang dan strategi coping yang digunakan cenderung menggunakan EFC. Kata Kunci : Hardiness, Strategi Coping

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2017 02:59
Last Modified: 13 Apr 2017 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2470

Actions (login required)

View Item View Item