MINAT SISWA MEMANFAATKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 2 PANCA RIJANG KABUPATEN SIDRAP

HERDIYANTI HAIRI (2022) MINAT SISWA MEMANFAATKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 2 PANCA RIJANG KABUPATEN SIDRAP.

[img] Text
HERDIYANTI HAIRI.pdf

Download (2MB)

Abstract

HERDIYANTI HAIRI. 2017. Minat Siswa Memanfaatkan Layanan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 2 Panca Rijang Kabupaten Sidrap. Skripsi, dibimbing oleh Dr. Abdul Saman, M.Si., Kons dan Prof. Dr. Syamsul Bachri Thalib, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana faktor yang memengaruhi minat siswa memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling, 2) Upaya apa yang telah dilakukan oleh konselor dan kepala sekolah dalam meningkatkan minat siswa memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling, 3) Upaya apa yang perlu dilakukan oleh konselor dan kepala sekolah dalam meningkatkan minat siswa memanfaatkan layanan bimbingan konseling, dan 4) Faktor pendukung dan penghambat layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Faktor yang memengaruhi minat siswa memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling, 2) Upaya apa yang telah dilakukan oleh konselor dan kepala sekolah dalam meningkatkan minat siswa memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling, dan 3) Upaya yang perlu dilakukan konselor dan kepala sekolah dalam meningkatkan minat siswa memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling 4) Faktor pendukung dan penghambat layanan bimbingan dan konseling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 2 Panca Rijang Kabupaten Sidrap. Fokus penelitian adalah minat siswa dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Faktor yang memengaruhi minat siswa mengikuti pelayanan bimbinbgan dan konseling yaitu konselor, pengelolaan layanan BK dan sarana dan prasarana. 2) Upaya yang telah dilakukan dalam meningkatkan minat siswa memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah adalah: kepala sekolah mengkoordinasi semua staf, dan secara bertahap melengkapi sarana dan prasarana BK serta penyampaian informasi mengenai layanan bimbingan dan konseling terhadap guru mata pelajaran dalam menyelesaikan masalah siswa, dan 3) Upaya yang perlu dilakukan dalam meningkatkan minat siswa memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah yaitu a) Kepala Sekolah, mengalokasi waktu kepada konselor untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling, dan memberikan kesempatan kepada konselor meningkatkan profesionalisme BK, bersikap proaktif dalam membantu melengkapi sarana serta upaya menyebarluaskan informasi program layanan bimbingan dan konseling b) Konselor; mengelola program layanan bimbingan dan konseling secara baik dan terencana. 4) Faktor penghambat pelayanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 2 Panca Rijang yaitu kompetensi konselor, paradigma mengenai BK dan sarana dan prasarana. Adapun faktor pendukungnya yaitu dukungan elemen sekolah, pengelolaan layanan BK serta sikap proaktif konselor dalam pelaksanaan program BK

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Sep 2022 01:21
Last Modified: 14 Sep 2022 01:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24694

Actions (login required)

View Item View Item