Hubungan antara Intensitas Membaca Ayat Suci Alquran dengan Regulasi Emosi pada Remaja Putri

Arsyani, Annur Asia (2016) Hubungan antara Intensitas Membaca Ayat Suci Alquran dengan Regulasi Emosi pada Remaja Putri. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Annur Asia Arsyani.docx

Download (12kB)

ABSTRAK Annur Asia Arsyani. 2016. Ahmad, & Dian Novita Siswanti. Hubungan antara Intensitas Membaca Ayat Suci Alquran dengan Regulasi Emosi pada Remaja Putri. Skripsi. Makassar. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. Regulasi emosi sangat dibutuhkan oleh individu dalam menjalani kehidupan, terutama pada remaja putri yang memiliki tugas perkembangan emosional dan peran sebagai seorang ibu nantinya. Intensitas membaca ayat suci Alquran dapat meningkatkan regulasi emosi individu, baik secara intrinsik maupun ekstrinsik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intensitas membaca ayat suci Alquran dengan regulasi emosi pada remaja putri. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 123 orang anggota LDK/F yang tergabung dalam FSLDKD area Makassar, berusia 18 -21 tahun, dan minimal membaca Alquran sekali dalam sepekan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala dan kuesioner. Yaitu skala regulasi emosi dan kuesionar intensitas mmembaca ayat suci Alquran, dianalisis menggunakan teknik korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara intensitas membaca ayat suci Alquran dengan regulasi emosi pada remaja putri juga semakin (p = 0,000, r = 0,419). Penelitian ini bermanfaat bagi remaja khususnya remaja putri agar meningkatkan intensitas membaca ayat suci Alquran untuk mewujudkan peran dan tugas perkembangannya mengenai regulasi emosi. Kata Kunci : Intensitas membaca ayat suci Alquran, regulasi emosi, remaja putri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Apr 2017 02:55
Last Modified: 13 Apr 2017 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2469

Actions (login required)

View Item View Item