SALMIANI (2022) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK PENDEKATAN AGAMA MELALUI METODE TARBIYAH ISLAMIYAH UNTUK MENINGKATKANRESPEK SISWA TERHADAP ORANG LAIN DI SMK FARMASI YAMASI MAKASSAR.
Text
SAMPUL DEPAN SKRIPSI.docx Download (42kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN 3.docx Download (14kB) |
|
Text
MOTTO 2.docx Download (16kB) |
|
Text
ABSTRAK 4.docx Download (18kB) |
|
Text
PRAKATA 5.docx Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR ISI 6.docx Download (29kB) |
|
Text
BAB 1-3.docx Download (91kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA shaccy.docx Download (16kB) |
|
Text
LAMPIRAN 0.docx Download (12kB) |
|
Text
(LAMPIRAN 12) HASIL ANALISIS STATISTIK DESKRIPTIF.docx Download (52kB) |
|
Text
(LAMPIRAN 15) PEDOMAN OBSERVASI.docx Download (18kB) |
|
Text
(LAMPIRAN 16) PEDOMAN OBSERVASI I.docx Download (30kB) |
|
Text
(LAMPIRAN 17) DATA HASIL ANALISIS PERSENTASE OBSERVASI.docx Download (21kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.docx Download (6MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (107kB) |
Abstract
SALMIANI. 2017. Penerapan Bimbingan Kelompok Pendekatan Agama melalui Metode Tarbiyah Islamiyah untuk Meningkatkan Respek Siswa Terhadap Orang Lain Terhadap Orang Lain di SMK Farmasi Yamasi Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd dan Drs. Muhammad Anas. M.Si, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Bimbingan Kelompok Pendekatan Agama melalui Metode Tarbiyah Islamiyah untuk Meningkatkan Respek Siswa Terhadap Orang Lain Terhadap Orang Lain di SMK Farmasi Yamasi Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran Penerapan Bimbingan Kelompok Pendekatan Agama melalui Metode Tarbiyah Islamiyah untuk Meningkatkan Respek Siswa Terhadap Orang Lain di SMK Farmasi Yamasi. (2) Bagaimana gambaran karakter Respek Siswa Terhadap Orang Lain sebelum dan sesudah diberikan Metode Tarbiyah Islamiyah. (3) Apakah Bimbingan Kelompok pendekatan agama melalui metode tarbiyah islamiyah dapat Meningkatkan Respek Siswa Terhadap Orang Lain terhadap orang lain di SMK Farmasi Yamasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Gambaran Penerapan Bimbingan Kelompok Pendekatan Agama Melalui Metode Tarbiyah Islamiyah untuk Meningkatkan Respek Siswa Terhadap Orang Lain di SMK Farmasi Yamasi. (2) Gambaran karakter Respek Siswa Terhadap Orang Lain sebelum dan sesudah diberikan Bimbingan Kelompok Pendekatan Agama Melalui Metode Tarbiyah Islamiyah di SMK Farmasi Yamasi. (3) Bimbingan Kelompok pendekatan agama melalui metode tarbiyah islamiyah dapat Meningkatkan Respek Siswa Terhadap Orang Lain di SMK Farmasi Yamasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design terhadap 9 sampel penelitian, yang merupakan siswa kelas XI di SMK Farmasi Yamasi Makassar tahun ajaran 2016/2017. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, dan Uji Non Parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan bimbingan kelompok pendekatan agama melalui metode tarbiyah Islamiyah terdiri dari Iftitah, Tilawah, Kalimat halaqoh, Talaqqi, Mutaba’ah, Qadhaya, Ta’limat, Evaluasi, Ikhtitam. Selama pelaksanaannya tingkat partisipasi siswa berada pada kategori sangat tinggi (2) Tingkat respek siswa terhadap orang lain sebelum diberi perlakuan berupa Bimbingan Kelompok Pendekatan Agama Melalui Metode Tarbiyah Islamiyah berada pada kategori “rendah” dan setelah diberi perlakuan Bimbingan Kelompok Pendekatan Agama Melalui Metode Tarbiyah Islamiyah meningkat atau berada pada kategori tinggi. (3) Penerapan bimbingan kolompok Pendekatan Agama dapat meningkatkan respek siswa terhadap orang lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 02:04 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 02:04 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24687 |
Actions (login required)
View Item |