ANALISIS NILAI SOSIAL PSIKOLOGIS DALAM PAPPASANG RI KAJANG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH

AYU (2022) ANALISIS NILAI SOSIAL PSIKOLOGIS DALAM PAPPASANG RI KAJANG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH.

[img] Text
sampul.docx

Download (16kB)
[img] Text
2 Persetujuan Pembimbing.docx

Download (49kB)
[img] Text
4 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (18kB)
[img] Text
3 MOTTO.docx

Download (19kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
6 PRAKATA.docx

Download (24kB)
[img] Text
8.DAFTAR ISI finish.docx

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR tabel.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB 1 finish.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB 2 FINISH.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB 3 finish.docx

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (320kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (53kB)

Abstract

AYU. SKRIPSI 2016. Analisis Sosial Psikologis Dalam Pappasang Ri Kajang Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Skripsi. Yang Dibimbing oleh ayahanda Prof. dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd dan Drs. H. Muhammad Ibrahim, M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Analisis sosial psikologis dalam pappasang ri Kajang dan implikasnya terhadap layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Nilai-nilai apa sajakah yang terkandung dalam Pappasang Ri Kajang? (2) Nilai-nilai sosial psikologis apa sajakah yang terkandung dalam papasang ri Kajang? (3) Apa sajakah implikasi program bimbingan dan konseling? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi nilai-nilai Pappasang ri kajang. (2) Mengidentifikasi nilai-nilai sosial psikologis yang terkandung dalam pappasang ri Kajang. (3) Mengidentifikasi implikasinya program bimbingan dan konseling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis isi buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai utama kebudayaan Kajang adalah, lambussu atau kejujuran, sa’bara atau sabar, gattang atau ketegasan dan appisona atau tenggang rasa (2) nilai-nilai sosial psikologis menurut Edward Spranger yaitu: manusia agama, manusia sosial, manusia politik, manusia teoritik, manusia ekonomi dan manusia seni.(3) Implikasi dalam bimbingan dan konseling yaitu dengan. (1). Menggunakan layanan dasar yaitu tentang nilai-nilai budaya terkhusus bimbingan konseling, (2). Konseling jika siswa mengalami masalah yang terkait dengan nilai-nilai budaya Kajang, (3). Siswa diberi kemampuan membuat keputusan dalam kehendak siswa dengan nilai budaya setempat, (4). Perlu kerja sama pihak, guru bk, kepala sekolah, tokoh masyarakat dalam implementasi budaya Kajang disekolah.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2022 06:58
Last Modified: 12 Sep 2022 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24677

Actions (login required)

View Item View Item