PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA DI SMP NEGERI 5 MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR

Farasmita Ratna. (2022) PENERAPAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA DI SMP NEGERI 5 MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (15kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (13kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (26kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (109kB)
[img] Text
Lampiran 12 hasil observasi.docx

Download (31kB)
[img] Text
Lampiran 13 analisis hasil observasi.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran 14 hasil uji coba lapangan.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran 15 analisis statistik deskriptif.docx

Download (51kB)
[img] Text
Lampiran 19 dokumentasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran 20 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (23kB)

Abstract

Farasmita Ratna. 2016. Penerapan Teknik Modeling Simbolis untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa di SMP Negeri 5 Mangarabombang. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muhammad Anas. M. Si dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud. M. Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama penelitian ini adalah perilaku asertif siswa yang rendah di SMP Negeri 5 Mangarabombang kabupaten Takalar. Rumusan masalah penelitian ini adalah, (1) bagaimana gambaran penerapan teknik modeling simbolis untuk meningkatkan perilaku asertif siswa di SMP Negeri 5 Mangarabombang? (2) Bagaimana gambaran perilaku asertif siswa di SMP Negeri 5 Mangarabombang sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) diberikan modeling simbolis? (3) Apakah penerapan teknik modeling simbolis dapat meningkatkan perilaku asertif siswa di SMP Negeri 5 Mangarabombang? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran penerapan teknik modeling simbolis dalam meningkatkan perilaku asertif siswa di SMP Negeri 5 Mangarabombang. (2) Untuk mengetahui gambaran perilaku asertif siswa di SMP Negeri 5 Mangarabombang sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) diberikan modeling simbolis (3) Untuk mengetahui apakah penerapan teknik modeling simbolis dapat meningkatkan perilaku asertif siswa di SMP Negeri 5 Mangarabombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest Design terhadap 15 sampel penelitian yang merupakan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Mangarabombang tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Pelaksanan Modeling Simbolis terdiri atas 4 tahapan yaitu rasionaliasi perlakuan, pemutaran film perilaku asertif, praktek atau latihan, dan evaluasi. (2). Perilaku asertif siswa sebelum diberikan perlakuan berupa Teknik Modeling Simbolis berada pada kategori rendah dan setelah diberikan perlakuan berupa Teknik Modeling Simbolis berada pada kategori tinggi. (3). Penerapan teknik modeling simbolis dapat meningkatkan perilaku asertif siswa di SMP Negeri 5 Mangarabombang, artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan pelaksanaan teknik modeling simbolis terhadap perilaku asertif siswa di SMP Negeri 5 Mangarabombang kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2022 06:36
Last Modified: 12 Sep 2022 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24674

Actions (login required)

View Item View Item