PENERAPAN SELF REGULATION LEARNING MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR

Andi Resti Sernitasari (2022) PENERAPAN SELF REGULATION LEARNING MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR.

[img] Text
1 SAMPUL LUAR.docx

Download (50kB)
[img] Text
3 PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (61kB)
[img] Text
5 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (24kB)
[img] Text
4 MOTTO.docx

Download (21kB)
[img] Text
6 abstrak.docx

Download (26kB)
[img] Text
7 PRAKATA.docx

Download (45kB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (25kB)
[img] Text
11 PEDOMAN OBSERVASI.docx

Download (33kB)
[img] Text
12 HASIL OBSERVASI.docx

Download (35kB)
[img] Text
13 ANALISIS HASIL OBSERVASI - Copy.docx

Download (30kB)
[img] Text
14 HASIL ANALISIS UJI LAPANGAN.docx

Download (30kB)
[img] Text
15 Hasil Analisis Statistik Deskriptif.docx

Download (60kB)
[img] Text
19 DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
20 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (69kB)

Abstract

Andi Resti Sernitasari., 2016. Penerapan Self Regulation Learning melalui Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 13 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muh. Anas Malik, M.Si dan Drs. H. Muh. Ibrahim, M.Si.; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan Self Regulation Learning melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 13 Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Gambaran pelaksanaan Self Regulation Learning melalui bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 13 Makassar. 2. Gambaran tingkat motivasi belajar siswa SMP Negeri 13 Makassar sebelum dan sesudah diberikan teknik Self Regulation Learning melalui bimbingan kelompok. 3. Penerapan Self Regulation Learning melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 13 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan Self Regulation Learning melalui bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 13 Makassar 2. Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa SMP Negeri 13 Makassar sebelum dan sesudah diberikan teknik Self Regulation Learning melalui bimbingan kelompok. 3. Untuk mengetahui apakah penerapan Self Regulation Learning melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 13 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental dengan desain one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar sebanyak 45 siswa pada Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian sebanyak 15 siswa dengan teknik sampling proportional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan Self Regulation Learning terdiri atas 4 tahapan yaitu, penetapan tujuan dan perencanaan, motivasi diri dan kontrol atensi, penggunaan strategi belajar yang fleksibel, monitor diri dan mencari bantuan yang tepat, dan evaluasi diri. 2. Tingkat motivasi belajar siswa sebelum diberikan Self Regulation Learning dalam Bimbingan kelompok berada pada kategori rendah dan setelah diberikan Self Regulation Learning dalam Bimbingan kelompok berada pada kategori tinggi. 3. Penerapan Self Regulation Learning dalam Bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 13 Makassar, artinya ada pengaruh positif yang signifikan pelaksanaan Self Regulation Learning terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 13 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2022 06:27
Last Modified: 12 Sep 2022 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24673

Actions (login required)

View Item View Item