Agustini. (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB UNDERACHIEVER DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS SISWA DI SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA).
Text
Sampul.docx Download (251kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (25kB) |
|
Text
MOTO DAN PERSEMBAHAN.docx Download (19kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (35kB) |
|
Text
PRAKATA.docx Download (30kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (36kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (52kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (43kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (29kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (14kB) |
|
Text
13. Hasil Observasi.docx Download (24kB) |
|
Text
14. Lampiran 4.docx Download (34kB) |
|
Text
14. Lampiran 4.docx Download (34kB) |
Abstract
Agustini. 2016. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Underachiever dan Penanganannya (Studi Kasus Siswa di SMP Negeri 4 Sungguminasa).Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Hj. Kustiah Sunarty, M.Pd. dan Drs. H. Muh. Anas Malik, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentangfaktor-faktor penyebab underachiever dan penanganannya. Permasalahanpokok yang dikajiyaitu: (1) Bagaimanakahgambaran umum siswa yang mengalami kasus underachiever di SMP Negeri 4 Sungguminasa; (2) Faktor-faktor apakahyang menyebabkan siswa menjadi underachiever di SMP Negeri 4 Sungguminasa?; (3) Bagaimanakah penanganan yang dilakukan terhadap siswa underachiever di SMP Negeri 4 Sungguminasa?.Tujuanpenelitianiniadalah untuk mengetahui: (1) gambaran umum siswa yang mengalami kasus underachiever di SMP Negeri 4 Sungguminasa; (2) faktor-faktor yang menyebabkan siswa menjadi underachiever di SMP Negeri 4 Sungguminasa;dan (3)penanganan yang dilakukan terhadap siswa underachiever di SMP Negeri 4 Sungguminasa.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sasaran penelitian adalah dua orang siswa yaitu R dan A. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1)Konseli R dan A memiliki IQ masing-masing 121 dan 123. Nilai rapor di bawah rata-rata, masing-masing yaitu 65 dan 56, 53 dan 57. Selain itu, konseli sering menunda-nunda dalam mengerjakan tugas, tidak memiliki jadwal belajar, dan mereka tidak percaya akan kemampuan yang mereka miliki, (2) Faktor-faktor penyebab terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal konseli R dan A adalah konsep diri yang rendah dan kurangnya motivasi belajar. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu konseli R berasal dari keluarga yang tidak harmonis dan faktor eksternal konseli A adalah suasana kelas yang kurang mendukung, (3) Alternatif pemecahan masalah yang digunakan untuk membantu konseli dalam memecahkan masalahnya dengan menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) dalam proses pelaksanaan konseling individu dengan mengubah keyakinan irasional konseli.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 06:31 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 06:31 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24648 |
Actions (login required)
View Item |