ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB UNDERACHIEVER DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS SISWA DI SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA)

Agustini. (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB UNDERACHIEVER DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS SISWA DI SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA).

[img] Text
Sampul.docx

Download (251kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (25kB)
[img] Text
MOTO DAN PERSEMBAHAN.docx

Download (19kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (35kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (29kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
13. Hasil Observasi.docx

Download (24kB)
[img] Text
14. Lampiran 4.docx

Download (34kB)
[img] Text
14. Lampiran 4.docx

Download (34kB)

Abstract

Agustini. 2016. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Underachiever dan Penanganannya (Studi Kasus Siswa di SMP Negeri 4 Sungguminasa).Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Hj. Kustiah Sunarty, M.Pd. dan Drs. H. Muh. Anas Malik, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentangfaktor-faktor penyebab underachiever dan penanganannya. Permasalahanpokok yang dikajiyaitu: (1) Bagaimanakahgambaran umum siswa yang mengalami kasus underachiever di SMP Negeri 4 Sungguminasa; (2) Faktor-faktor apakahyang menyebabkan siswa menjadi underachiever di SMP Negeri 4 Sungguminasa?; (3) Bagaimanakah penanganan yang dilakukan terhadap siswa underachiever di SMP Negeri 4 Sungguminasa?.Tujuanpenelitianiniadalah untuk mengetahui: (1) gambaran umum siswa yang mengalami kasus underachiever di SMP Negeri 4 Sungguminasa; (2) faktor-faktor yang menyebabkan siswa menjadi underachiever di SMP Negeri 4 Sungguminasa;dan (3)penanganan yang dilakukan terhadap siswa underachiever di SMP Negeri 4 Sungguminasa.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sasaran penelitian adalah dua orang siswa yaitu R dan A. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1)Konseli R dan A memiliki IQ masing-masing 121 dan 123. Nilai rapor di bawah rata-rata, masing-masing yaitu 65 dan 56, 53 dan 57. Selain itu, konseli sering menunda-nunda dalam mengerjakan tugas, tidak memiliki jadwal belajar, dan mereka tidak percaya akan kemampuan yang mereka miliki, (2) Faktor-faktor penyebab terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal konseli R dan A adalah konsep diri yang rendah dan kurangnya motivasi belajar. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu konseli R berasal dari keluarga yang tidak harmonis dan faktor eksternal konseli A adalah suasana kelas yang kurang mendukung, (3) Alternatif pemecahan masalah yang digunakan untuk membantu konseli dalam memecahkan masalahnya dengan menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) dalam proses pelaksanaan konseling individu dengan mengubah keyakinan irasional konseli.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:31
Last Modified: 09 Sep 2022 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24648

Actions (login required)

View Item View Item