Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di SD Kota Parepare pada Masa Pandemi Covid-19

Zainal, Zaid and Pasinggi, Yonathan Saba' and Tuken, Ritha (2021) Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di SD Kota Parepare pada Masa Pandemi Covid-19. In: SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19”, 2021, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text (Artikel)
prosiding Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di SD Kota Parepare pada Masa Pandemi Covid-19.pdf

Download (259kB)
[img] Text (peer reviewer)
peer reviewer prosiding Analisis pelaksanaan pembelajaran matematika di SD kota parepare.pdf

Download (847kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25...

Abstract

Abstrak Salah satu kebijakan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 adalah dengan menerapkan pembatasan interaksi masyarakat yang dikenal dengan istilah physical distancing. Kondisi ini menyebabkan pembelajaran tatap muka diubah menjadi pembelajaran jarak jauh secara online. Permasalahan yang muncul adalah akses internet di Indonesia yang masih tergolong lambat, kompetensi dan kesiapan guru dan siswa-siswa kita menggunakan alat perangkat IT utamanya pada jenjang sekolah dasar masih sangat kurang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan menganalisis pelaksanaan pembelajaran Matematika di SD Kota Parepare pada masa pandemic COVID-19. Data kualitatif tentang persepsi guru, siswa dan orang tua mereka terkait pelaksanaan pembelajaran matematika juga akan diteliti dan digambarkan secara deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berasal dari seluruh sekolah dasar yang ada di Parepare. Pengambilan sampel dilakukan secara random sehingga diperoleh guru 130 orang, siswa 1300, orang tua siswa 1500 orang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran dalam jaringan (daring) yang dilakukan selama masa pandemik covid-19, umumnya menggunakan aplikasi WhatsApp (WA), selanjutnya guru, siswa dan orang tua mengalami banyak kendala dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring, mulai dari keterbatasan sarana dan prasarana (kepemilikan HP, internet, biaya pembelian kuota), komunikasi yang tidak sinkron, kontrol dan pengawasan dalam pembelajaran serta kesulitan dalam menilai perkembangan peserta didi

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pandemi COVID-19, Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 08 Sep 2022 14:31
Last Modified: 24 Dec 2022 08:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24638

Actions (login required)

View Item View Item