Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ii Sdn 79 Parepare

Zainal, Zaid and Maryam. M, St. (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ii Sdn 79 Parepare. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5 (2). pp. 1-7. ISSN 2579-6550

[img] Text (artikel)
artikel PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE.pdf

Download (324kB)
[img] Text (peer reviewer)
peer reviewer artikel Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Korespondensi)
Penerapan model example- [MES] Submission Acknowledgement.pdf

Download (75kB)
Official URL: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/articl...

Abstract

Abstrak Masalah ini menelaah Model pembelajaran kooperatif tipe example non example. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dalam meningkatkan proses belajar pada mata pelajaran matemmatika tentang satuan waktu di kelas II SD Negeri 79 Parepare. Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example pada mata pelajaran matematika tentang satuan waktu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (pendekatan kualitatif). Subjek penelitian ini yakni siswa kelas II berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 22 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis interaktif. Pada siklus I hasil tes belajar matematika siswa berada pada kategori Cukup (C). Pada siklus II hasil tes belajar matematika siswa telah berada pada kategori Baik (B). Aktifitas guru dan aktifitas siswa juga meningkat pada setiap siklusnya. Kesimpulannya yaitu penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri 79 Parepare

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Example Non Example, Hasil Belajar
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 08 Sep 2022 14:30
Last Modified: 28 Feb 2023 05:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24631

Actions (login required)

View Item View Item