RIZKA ARIYANTI SAFITRI (2022) PENERAPAN SENAM OTAK (BRAIN GYM) DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 8 MAKASSAR.
Text
1 SAMPUL IKA.docx Download (35kB) |
|
Text
2 MOTTO, PERNYATAAN KEASLIAN, ABSTRAK, PRAKATA dll.docx Download (35kB) |
|
Text
3 BAB I - V.docx Download (116kB) |
|
Text
4 lampiran.docx Download (20kB) |
|
Text
7 lampiran 8-9 post-pre test.docx Download (26kB) |
|
Text
8 lampiran 10 observasi.docx Download (15kB) |
|
Text
9 Lampiran 11 - 14.docx Download (102kB) |
|
Text
10 lampiran 15 DOKUMENTASI.docx Download (2MB) |
|
Text
11 Rizka Ariyanti Safitri.docx Download (47kB) |
Abstract
RIZKA ARIYANTI SAFITRI. 2016. Penerapan senam otak (brain gym) dalam bimbingan kelompok untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 8 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Sinring, M. Pd. dan Sahril Buchori, S. Pd., M. Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah tingkat kejenuhan belajar siswa dengan senam otak. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan senam otak di SMP Negeri 8 Makassar? (2) Bagaimanakah gambaran tingkat kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 8 Makassar sebelum dan sesudah diberikan senam otak? (3) Apakah senam otak dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 8 Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)Gambaran pelaksanaan senam otak di SMP Negeri 8 Makassar. (2) Gambaran tingkat kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 8 Makassar sebelum dan sesudah di berikan senam otak. (3) Apakah senam otak dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 8 Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 8 Makassar dengan jumlah 9 responden. Instrumen yang digunakan berupa angket dan observasi. Teknik analisis adalah analisis statistik deskriptif dan analisis Wilcoxon Signed Rank Test (Z). Hasil penelitian ini adalah: (1) Gambaran penerapan senam otak (brain gym) dalam bimbingan kelompok yakni dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan 4 tahap pelaksanaan. Tahap pertama yakni mengidentifikasi masalah kejenuhan belajar, tahap kedua pengenalan dengan gerakan senam otak untuk mengurangi kejenuhan belajar tahap pertama, tahap ke tiga pengenalan dengan gerakan senam otak serta fungsinya untuk mengurangi kejenuhan belajar tahap ke dua, tahap ke empat gerakan-gerakan senam otak untuk melatih konsentrasi. (2) Tingkat kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 8 Makassar sebelum diberikan senam otak dalam bimbingan kelompok berada pada ketegori sangat tinggi, tinggi, dan sedang. Namun, setelah pemberian perlakuan tingkat kejenuhan belajar siswa berkurang dan berada pada kategori sedang dan rendah. (3) Penerapan senam otak berpengaruh positif terhadap tingkat kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 8 Makassar. Kejenuhan belajar siswa dapat berkurang setelah diberikan senam otak di SMP Negeri 8 Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 03:19 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 03:19 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24621 |
Actions (login required)
View Item |