PENERAPAN SENAM OTAK (BRAIN GYM) DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 8 MAKASSAR

RIZKA ARIYANTI SAFITRI (2022) PENERAPAN SENAM OTAK (BRAIN GYM) DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 8 MAKASSAR.

[img] Text
1 SAMPUL IKA.docx

Download (35kB)
[img] Text
2 MOTTO, PERNYATAAN KEASLIAN, ABSTRAK, PRAKATA dll.docx

Download (35kB)
[img] Text
3 BAB I - V.docx

Download (116kB)
[img] Text
4 lampiran.docx

Download (20kB)
[img] Text
7 lampiran 8-9 post-pre test.docx

Download (26kB)
[img] Text
8 lampiran 10 observasi.docx

Download (15kB)
[img] Text
9 Lampiran 11 - 14.docx

Download (102kB)
[img] Text
10 lampiran 15 DOKUMENTASI.docx

Download (2MB)
[img] Text
11 Rizka Ariyanti Safitri.docx

Download (47kB)

Abstract

RIZKA ARIYANTI SAFITRI. 2016. Penerapan senam otak (brain gym) dalam bimbingan kelompok untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 8 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Sinring, M. Pd. dan Sahril Buchori, S. Pd., M. Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah tingkat kejenuhan belajar siswa dengan senam otak. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan senam otak di SMP Negeri 8 Makassar? (2) Bagaimanakah gambaran tingkat kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 8 Makassar sebelum dan sesudah diberikan senam otak? (3) Apakah senam otak dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 8 Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)Gambaran pelaksanaan senam otak di SMP Negeri 8 Makassar. (2) Gambaran tingkat kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 8 Makassar sebelum dan sesudah di berikan senam otak. (3) Apakah senam otak dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 8 Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 8 Makassar dengan jumlah 9 responden. Instrumen yang digunakan berupa angket dan observasi. Teknik analisis adalah analisis statistik deskriptif dan analisis Wilcoxon Signed Rank Test (Z). Hasil penelitian ini adalah: (1) Gambaran penerapan senam otak (brain gym) dalam bimbingan kelompok yakni dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan 4 tahap pelaksanaan. Tahap pertama yakni mengidentifikasi masalah kejenuhan belajar, tahap kedua pengenalan dengan gerakan senam otak untuk mengurangi kejenuhan belajar tahap pertama, tahap ke tiga pengenalan dengan gerakan senam otak serta fungsinya untuk mengurangi kejenuhan belajar tahap ke dua, tahap ke empat gerakan-gerakan senam otak untuk melatih konsentrasi. (2) Tingkat kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 8 Makassar sebelum diberikan senam otak dalam bimbingan kelompok berada pada ketegori sangat tinggi, tinggi, dan sedang. Namun, setelah pemberian perlakuan tingkat kejenuhan belajar siswa berkurang dan berada pada kategori sedang dan rendah. (3) Penerapan senam otak berpengaruh positif terhadap tingkat kejenuhan belajar siswa di SMP Negeri 8 Makassar. Kejenuhan belajar siswa dapat berkurang setelah diberikan senam otak di SMP Negeri 8 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:19
Last Modified: 08 Sep 2022 03:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24621

Actions (login required)

View Item View Item