FITHRATUL AMALIA (2022) EFEKTIFITAS EXPERENTIAL LEARNING UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK SISWA DI SMP NEGERI 13 MAKASSAR.
Text
SAMPUL DEPAN.docx Download (34kB) |
|
Text
Abstrak, daftar isi dll new.doc Download (251kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (53kB) |
|
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.doc Download (147kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (177kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx.doc Download (38kB) |
|
Text
12. Analisis Statistik.doc Download (174kB) |
|
Text
13. Pedoman Observasi Eksperential Learning.doc Download (80kB) |
|
Text
14. Hasil analisis Observasi individual dan kelompok.doc Download (65kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (57kB) |
Abstract
FITHRATUL AMALIA. 2015. Skripsi. Efektifitas Experential Learning Untuk Mengurangi Stres Akademik Siswa di SMP Negeri 13 Makassar. Dibimbing oleh Muhammad Anas dan Kulasse Kanto. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah efektifitas experential learning untuk mengurangi stres akademik siswa di SMP Negeri 13 Makassar. Masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah gambaran pelaksanaan exprential learning di SMP Negeri 13 Makassar. 2. Bagaimanakah gambaran stres akademik sebelum dan sesudah diberikan experential learning di SMP Negeri 13 Makassar. 3. Apakah ada pengaruh Experential Learning terhadap stress akademik siswa di SMP Negeri 13 Makassar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui:1. Gambaran pelaksanaan experential learning di SMP Negeri 13 Makassar. 2.Gambaran stres akademik sebelum dan sesudah diberikan exprential learning di SMP Negeri 13 Makassar. 3. Pengaruh Experential Learning terhadap stress akademik siswa di SMP Negeri 13 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian true eksperimen dengan desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design . Jumlah populasi sebanyak 104 siswa. dan jumlah sampel penelitian sebanyak 12 siswa di SMP Negeri 13 Makassar pada tahun ajaran 2014/2015 yang terbagi menjadi 6 siswa pada kelompok eksperimen dan 6 siswa pada kelompok kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis statistik inferensial, yaitu t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pelaksanaan dibagi menjadi tiga bagian yakni pendahuluan, pelaksanaan evaluasi dan terminasi. Pada bagian pelaksanaan dibagi menjadi dua tahapan yaitu perencanaan pembelajaran dan melaksanakan rencana pembelajaran yang telah disusun. Hasil pelaksanaan experential learning melalui observasi, disimpulkan bahwa tiap pertemuan terjadi peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan experential learning. 2. Tingkat stres akademik siswa di SMP Negeri 13 Makassar sebelum perlakuan (Pretest) baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol pada umumnya berada pada kategori tinggi. Namun, siswa yang telah diberikan experential learning menunjukkan perubahan dari tingkat stres akademik yang tinggi menjadi kategori rendah, sedangkan bagi siswa yang tidak diberi perlakuan berupa experential learning tidak menunjukkan perubahan berarti atau tetap dalam kategori tinggi. 3. Experential learning dapat mengatasi stres akademik siswa. Artinya ada perbedaan antara kelompok penelitian yang diberikan perlakuan berupa Experential learning dibandingkan dengan kelompok siswa yang tidak diberikan Experential learning
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 02:48 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 02:48 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24619 |
Actions (login required)
View Item |