MARIA ULFA (2022) PERKEMBANGAN MORAL PADA SISWA (STUDI DESKRIPTIF-KUALITATIF) DI SMP MUHAMMADIYAH 12 MAKASSAR.
Text
1 sampul SKRIPSI.docx Download (31kB) |
|
Text
2 MOTO.docx Download (27kB) |
|
Text
3 BAB I.docx Download (27kB) |
|
Text
4 BAB II.docx Download (52kB) |
|
Text
5 BAB III oke.docx Download (25kB) |
|
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
9 Lampiran.docx Download (10kB) |
|
Text
9.1 Lampiran 2 jadwal pelaksanaan.docx Download (15kB) |
|
Text
10 Lampiran 3 RPBK.docx Download (25kB) |
|
Text
10 LAMPIRAN 4 PEDOMAN WAWANCARA.docx Download (23kB) |
|
Text
12 lampiran 6 DOKUMENTASI FOTO.docx Download (1MB) |
|
Text
13 RIWAYAT HIDUP.docx Download (213kB) |
Abstract
Maria Ulfa. 2016.Perkembangan Moral padaSiswa (studideskriptif-kualitatif) di SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Skripsi dibimbing oleh Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.PddanSahrilBuchoriS.Pd, M.Pd, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang Perkembangan Moral pada Siswa (studi deskriptif-kualitatif) di SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Rumusan masalah utama penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran perkembangan moral pada siswa di SMP Muhammadiyah 12 Makassar?,(2) Faktor-faktor apa yang memengaruhi perkembangan moral siswa di SMP Muhammadiyah 12 Makassar?, (3)Usaha apa saja yang dilakukan guru BK untuk mengembangkan moral siswa di SMP Muhammadiyah 12 Makassar?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui gambaran perkembangan moral pada siswa di SMP Muhammadiyah 12 Makassar,(2)Untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan moral siswa di SMP Muhammadiyah 12 Makassar,(3)Untuk mengetahui usaha yang telah dilakukan guru BK untuk mengembangkan moral siswa di SMP Muhammadiyah 12 Makassar.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif.Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 12 Mkassar.Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif-naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) moral pada siswa di SMP Muhammadiyah Makassar ini sedang berada pada tahap conventional reasoning, yang mana dalam pelaksanaan tata tertib dan peraturan yang ada, siswa masih berdasar pada rasa takut akan hukuman yang akan menimpanya dari guru jika melakukan pelanggaran tata tertib dan aturan yang berlaku di sekolah tersebut.(2) Faktor yang memengaruhi perkembangan moral: faktoreksternal; media, perhatian orang tua, temanbergaul, danfaktor internal; peranhatinurani, peran rasa bersalah. (3) Upaya yang dilakukan oleh guru BK dalam rangka menumbuhkembangkan moral di SMP Muhammadiyah 12 makassar adalah dengan bekerjasama dengan seluruh elemen sekolah dan berupaya semaksimal mungkin dengan memanfaatkan dukungan sistem yang ada dari internal maupun eksternal sekolah dalam menjalankan program-program bk komprehensif yakni layanan dasar, layanan responsif, layanan perencanaan individual, dan dukungan sistem.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 03:07 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 03:07 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24592 |
Actions (login required)
View Item |