PENGARUH TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMAN 3 MAKASSAR

HARDIYANTI SUHARDI (2022) PENGARUH TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMAN 3 MAKASSAR.

[img] Text
Sampul depan.doc

Download (74kB)
[img] Text
2. Persetujuan pembimbing.docx

Download (16kB)
[img] Text
3. Keaslian Skripsi.doc

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (46kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (145kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (729kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (32kB)
[img] Text
lamp. 12 observasi....docx

Download (55kB)
[img] Text
lamp. 12 observasi....docx

Download (55kB)
[img] Text
lamp. 13 analisis observasi.docx

Download (21kB)
[img] Text
lamp. 14 analisis statistik deskriptif.docx

Download (54kB)
[img] Text
lamp. 15 gain skor.docx

Download (21kB)
[img] Text
lamp. 16 uji wilcoxon.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran 17 dokumentasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP rini.docx

Download (47kB)

Abstract

Hardiyanti Suhardi, 2016. Pengaruh Teknik Self Management dalam Bimbingan Kelompok terhadap kedisiplinan Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Makassar.Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Sulaiman Samad, M.Si. dan Dr. H. Kulasse Kanto, M.Pd Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Pengaruh teknik self management dalam bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa di SMA Negeri 3 Makassar. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu (1). Bagaimana pelaksanaan teknik self management dalam bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMA Negeri 3 Makassar (2). Bagaimana tingkat kedisiplinan belajar siswa dalam bimbingan kelompok sebelum dan sesudah diberikan teknik self management pada siwa SMA Negeri 3 Makassar.(3). Apakah ada pengaruh teknik self management terhadap peningkatan kedisiplinan belajar siswa dalam bimbingan kelompok pada siswa SMA Negeri 3 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui pelaksanaan teknik self management dalam bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa SMA Negeri 3 Makassar.(2). Untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa dalam bimbingan kelompok sebelum dan setelah penerapan teknik self management.(3). Untuk mengetahui pengaruh teknik self management terhadap peningkatan kedisiplinan belajar siswa dalam bimbingan kelompok pada SMA Negeri 3 Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain Pre-Experiment design. Subyek penelitian ini adalah 20 orang yang merupakan siswa kelas XI yang diambil dari teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis non-paramentik yaitu uji Wilcoxon menggunakan SPSS 16,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Pelaksanaan teknik self management dalam bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMA Negeri 3 Makassar dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa siswa aktif mengikuti kegiatan self management dengan baik.2) Terjadi tingkat kedisiplinan belajar siswa di SMA Negeri 3 Makassar sebelum penerapan teknik self management pada kategori sedang, dan setelah diberikan perlakuan teknik self management tingkat kedisiplinan belajar siswa berada pada kategori tinggi. 3) Ada pengaruh yang signifikan dari pemberian teknik self management dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SMA Negeri 3Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Sep 2022 02:35
Last Modified: 07 Sep 2022 02:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24589

Actions (login required)

View Item View Item