PENERAPAN TEKNIK KONTRAK PERILAKU (BEHAVIOR CONTRACT) DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI SMP NEGERI 1 TINAMBUNG KABUPATEN POLEWALI MANDAR

WIDIANI (2022) PENERAPAN TEKNIK KONTRAK PERILAKU (BEHAVIOR CONTRACT) DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI SMP NEGERI 1 TINAMBUNG KABUPATEN POLEWALI MANDAR.

[img] Text
daftra isi baru.docx

Download (48kB)
[img] Text
materi hasil fix 2.docx

Download (127kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (7MB)

Abstract

WIDIANI. 2016. SKRIPSI Penerapan Teknik Kontrak Perilaku (Behavior Contract) Dalam Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa di SMP NEGERI 1 TINAMBUNG Dibimbing oleh Drs.H.Muh.Ibrahim,M.Si., dan Prof.Dr.H.Alimuddin Mahmud,M.Pd., Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini mengenai perilaku membolos siswa yang tinggi. Adapun Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan Teknik Kontrak Perilaku dalam mengurangi perilaku membolos siswa di SMP Negeri 1 Tinambung? (2) Bagaimana perilaku membolos siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik Kontrak Perilaku di SMP Negeri 1 Tinambung? (3) Apakah teknik Kontrak Perilakudapat mengurangi perilaku membolos siswa di SMP Negeri 1 Tinambung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Teknik kontrak perilaku dalam mengurangi perilaku membolos siswa di SMP Negeri 1 Tinambung. (2) Untuk mengetahui bagaimana perilaku membolos siswa sebelum dan sesudah diberikan Teknik kontrak perilaku di SMP Negeri 1 Tinambung. (3) Untuk mengetahui apakah Teknik kontrak perilaku dapat mengurangi perilaku membolos siswa di SMP Negeri 1 Tinambung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre-eksperimental Design terhadap 10 sampel penelitian yang merupakan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tinambung. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, wilcoxon signed ranks test, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan teknik kontrak perilaku terdiri atas 4 tahap yaitu, yang pertama pemberian informasi, kedua menentukkan jumlah perilaku yang akan diubah, ketigakesepakatan kontrakantara konselor dan konseli, dan keempat menentukkan konsekuensi (2) Perilaku membolos siswa di SMP Negeri 1 Tinambung sebelum diberikan penerapan teknik Kontrak Perilaku berada pada kategori tinggi, setelah pemberian teknik Kontrak Perilaku dalam Konseling Kelompok berada pada kategori rendah (3) Penerapan teknik Kontrak Perilaku dalam Konseling Kelompok dapat mengurangi perilaku membolos siswa di SMP Negeri 1 Tinambung. Hal ini menujukan bahwa penerapan teknik kontrak perilaku (Behavior Contract) dalam konseling kelompok dapat mengurangi perilaku membolos siswa di SMP Negeri 1 Tinambung.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 07 Sep 2022 01:06
Last Modified: 07 Sep 2022 01:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24584

Actions (login required)

View Item View Item