PENERAPAN TEKNIK ANALISIS TRANSAKSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA DI SMP NEGERI 35 MAKASSAR

FAJRIANSYAH DWI PUTRA (2022) PENERAPAN TEKNIK ANALISIS TRANSAKSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA DI SMP NEGERI 35 MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul.doc

Download (31kB)
[img] Text
2. Daftar isi lengkap.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (108kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (29kB)
[img] Text
LAMPIRAN 6 Pedoman observasi.docx

Download (35kB)
[img] Text
LAMPIRAN 7 hasil analisis persentase observasi.docx

Download (24kB)
[img] Text
LAMPIRAN 8 HASIL UJI LAPANGAN.docx

Download (26kB)
[img] Text
LAMPIRAN 9 (hasil analisis statistik).docx

Download (52kB)
[img] Text
Riwayat hidup.docx

Download (43kB)

Abstract

Fajariansyah Dwi P, 2015. Penerapan Teknik Analisis Transaksional untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa SMP Negeri 35 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Muh.Anas Malik, M.Si dan Dr. Hj. Kustiah Sunarty, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan Teknik Analisis Transaksional untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa SMP Negeri 35 Makassar. Masalah utama penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran penerapan Teknik Analisis Transaksional dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di SMP Negeri 35 Makassar, (2) Bagaimanakah tingkat keterampilan berkomunikasi siswa di SMP Negeri 35 Makassar sebelum dan sesudah penerapan Teknik Analisis Transaksional, (3) Apakah penerapan Teknik Analisis Transaksi dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di SMP Negeri 35 Makassar. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan penerapan Teknik Analisis Transaksional, (2) Untuk mengetahui tingkat keterampilan berkomunikasi siswa di SMP Negeri 35 Makassar sebelum dan sesudah penerapan Teknik Analisis Transaksional, (3) Untuk mengetahui penerapan Teknik Analisis Transaksional dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di SMP Negeri 35 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen yang bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design. Disain Experimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 tahun ajaran 2013/2014, yang ditentukan dengan sampling jenuh (sensus). Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis non parametrik, yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan penerapan Analisis Transaksional untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di SMP Negeri 35 Makassar dilakasanakan dengan 4 tahap. Yaitu “pentingnya komunikasi”, pemahaman tentang Ego-State dalam konseling Analisis Transaksional, pemberian konseling Analisis Transaksional, dan Evaluasi. (2) Tingkat keterampilan berkomunikasi siswa berada pada kategori rendah dan setelah diberi perlakuan tingkat keterampilan siswa berada pada kategori tinggi, (3) Penerapan Teknik Analisis Transaksional dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di SMP negeri 35 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:26
Last Modified: 05 Sep 2022 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24553

Actions (login required)

View Item View Item