EFEKTIVITAS METODE FOCUS GROUP DISCUSSION DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENILAIAN MORAL SISWA DI SMA NEGERI 4 PINRANG

A.RAHMATULLAH (2022) EFEKTIVITAS METODE FOCUS GROUP DISCUSSION DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENILAIAN MORAL SISWA DI SMA NEGERI 4 PINRANG.

[img] Text
SKRIPSI_Evektifitas Metode FGD dalam Bimbingan Kelompok dlm Meningkatkan Penilaian Moral Siswa.docx

Download (1MB)

Abstract

A.RAHMATULLAH, 2014. Efektivitas metode focus group discussion dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan penilaian moral siswa di SMA Negeri 4 Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Hj. Kustiah Sunarty, M.Pd. dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd.; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah mengenai efektivitas metode focus group discussion dalam layanan bimbingan kelompok sebagai upaya untuk meningkatkan penilaian moral siswa dalam di SMA Negeri 4 Pinrang. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu apakah metode focus group discussion efektif untuk meningkatkan penilaian moral? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-experimental, one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki penilaian moral rendah yaitu kelas XII sebanyak 30 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 12 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan Uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapat perlakuan berupa metode focus group discussion sebanyak lima kali, menunjukkan adanya pengaruh dari metode focus group discussion terhadap penilaian moral siswa di SMA Negeri 4 Pinrang. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan penilaian moral pada siswa melaui metode focus group discussion dalam layanan bimbingan kelompok di SMA Negeri 4 Pinrang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:01
Last Modified: 01 Sep 2022 07:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24529

Actions (login required)

View Item View Item