PENERAPAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENGURANGI STRES BELAJAR SISWA DI SMAN 1 BAEBUNTA KAB. LUWU UTARA

ABD RACHMAT T (2022) PENERAPAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENGURANGI STRES BELAJAR SISWA DI SMAN 1 BAEBUNTA KAB. LUWU UTARA.

[img] Text
Sampul.doc

Download (31kB)
[img] Text
Daftar isi lengkap.doc

Download (111kB)
[img] Text
1 MainStream I.doc

Download (51kB)
[img] Text
2 MainStream II.doc

Download (103kB)
[img] Text
3 MainStream III.doc

Download (120kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (25kB)
[img] Text
LAMPIR.docx

Download (13kB)
[img] Text
lampiran 13 hasil analisis statistik.docx

Download (52kB)
[img] Text
lampiran 14 uji wilcoxon.doc

Download (48kB)
[img] Text
Lampiran 15- RPBK.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran 16 Dokumentasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
Riwayat hidup.docx

Download (115kB)

Abstract

Abd Rachmat T, 2014. Penerapan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk mengurangi stres belajar siswa di SMAN 1 Baebunta Kab. Luwu Utara. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Sinring, M.Pd dan Drs. H. Muh. Anas Malik, M.Si., Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk mengurangi stres belajar siswa di SMAN 1 Baebunta Kab. Luwu Utara. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran penerapan Cognitive Behavior Therapy (CBT) dalam mengurangi stres balajar siswa di SMAN 1 Baebunta Kab. Luwu Utara, (2) Bagaimana tingkat stres belajar siswa di SMAN 1 Baebunta Kab. Luwu Utara sebelum dan sesudah penerapan Cognitive Behavior Therapy (CBT), (3) Apakah penerapan Cognitive Behavior Therapy (CBT) dapat mengurangi stres belajar siswa di SMAN 1 Baebunta Kab. Luwu Utara. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan Cognitive Behavior Therapy (CBT) dalam mengurangi stres belajar siswa di SMAN 1 Baebunta Kab. Luwu Utara, (2) Untuk mengetahui tingkat stres belajar siswa di SMAN 1 Baebunta Kab. Luwu Utara sebelum dan sesudah penerapan Cognitive Behavior Therapy (CBT), (3) Untuk mengetahui penerapan Cognitive Behavior Therapy (CBT) dapat mengurangi stres belajar siswa di SMAN 1 Baebunta Kab. Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan pendekaan eksperimen yang bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design. Desain Experimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah 15 orang siswa kelas XI IPA1, XI IPA2, dan XI IPA3 tahun ajaran 2013/2014, yang ditentukan dengan sampling jenuh (sensus). Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis non parametrik, yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan penerapan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk mengurangi stres belajar siswa di SMAN 1 Baebunta Kab. Luwu Utara dilakasanakan dengan 7 tahap sesuai skenario menunjukkan dampak yang signifikan, hal ini terlihat dengan perubahan tingkat stres belajar siswa dari tinggi menjadi rendah setelah diberikan keterampilan mengklarifikasi masalah; menetapkan sasaran atau target; menangkap pikiran; mengenali pikiran negatif; mengenali pola pemikiran keliru; dan penyesuaian perilaku; (2) Tingkat stres belajar siswa di SMAN 1 Baebunta Kab. Luwu Utara sebelum diberi perlakuan dalam hal ini penerapan Cognitive Behavior Therapy (CBT) berada pada kategori tinggi, akan tetapi setelah diberi perlakuan tingkat perilaku stres belajar siswa mengalami penurunan atau berada pada kategori rendah, (3) Penerapan Cognitive Behavior Therapy (CBT) dapat mengurangi stres belajar siswa di SMAN 1 Baebunta Kab. Luwu Utara

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Sep 2022 06:31
Last Modified: 01 Sep 2022 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24527

Actions (login required)

View Item View Item