PENERAPAN KONSELING ISLAMI DALAM MENGATASI KETIDAKSOPANAN BERTUTUR KATA SISWA DI SMP NEGERI 1 TOMONI KABUPATENLUWU TIMUR

ABDUL HASIM (2022) PENERAPAN KONSELING ISLAMI DALAM MENGATASI KETIDAKSOPANAN BERTUTUR KATA SISWA DI SMP NEGERI 1 TOMONI KABUPATENLUWU TIMUR.

[img] Text
SAMPUL.doc

Download (46kB)
[img] Text
Skripsiku.doc

Download (3MB)

Abstract

Abdul Hasim. 2014. Penerapan Konseling Islami dalam mengatasi ketidaksopanan bertutur kata siswa di SMP Negeri 1 Tomoni Kabupaten Luwu Timur Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Usman Malik, M.Pd Dan Dr. Hj. Kustiah Sunarty, M.Pd Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah mengenai ketidaksopanan bertutur kata siswa di SMP Negeri 1 Tomoni Kabupaten Luwu Timur. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan konseling islami. Sehubungan dengan hal tersebut, maka masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran ketidaksopanan bertutur kata siswa di SMP Negeri 1 Tomoni Kabupaten Luwu Timur sebelum dan setelah diberikan konseling islami?, (2) Apakah ada pengaruh penerapan konseling islami dalam mengatasi ketidaksopanan bertutur kata siswa di SMP Negeri 1 Tomoni Kabupaten Luwu Timur?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran ketidaksopanan bertutur kata siswa di SMP Negeri 1 Tomoni Kabupaten Luwu Timur sebelum dan sesudah diberikan konseling islami?, (2) Ada tidaknya pengaruh penerapan konseling islami dalam mengatasi ketidaksopanan bertutur kata siswa di SMP Negeri 1 Tomoni Kabupaten Luwu Timur?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model True Eksperimental Design terhadap 20 orang sampel yang terbagi dua kelompok yakni 10 orang pada kelompok kontrol dan 10 orang menjadi kelompok eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII3, VIII8 dan VIII9. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistic inferensial non parametris dengan uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat ketidakasopanan bertutur kata siswa di SMP Negeri 1 Tomoni Kab. Luwu Timur berdasarkan hasil pretest baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol berada pada kategori tinggi. Namun setelah diadakan posttest pada siswa dalam kelompok eksperimen yang telah mengikuti tahapan konseling islami menunjukkan penurunan tingkat ketidaksopanan bertutur kata, sedangkan bagi siswa yang berada di kelompok kontrol yang tidak mengikuti proses konseling islami tidak menunjukkan penurunan ketidaksopanan bertutur kata yang signifikan atau tetap berada pada kategori tinggi. (2) Penerapan konseling islami memberikan pengaruh terhadap ketidaksopanan bertutur kata siswa di SMP Negeri 1 Tomoni Kabupaten Luwu Timur.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:30
Last Modified: 01 Sep 2022 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24526

Actions (login required)

View Item View Item