HASRIANI (2022) PENERAPAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGIKECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN DI SMA NEGERI 4 PINRANG.
Text
0.docx Download (50kB) |
|
Text
i.docx Download (52kB) |
|
Text
ii.docx Download (23kB) |
|
Text
iii.docx Download (25kB) |
|
Text
iv.docx Download (14kB) |
|
Text
v.docx Download (13kB) |
|
Text
vi.docx Download (18kB) |
|
Text
vii.docx Download (27kB) |
|
Text
xi.docx Download (19kB) |
|
Text
xiv.docx Download (13kB) |
|
Text
xv.docx Download (14kB) |
|
Text
xvi.docx Download (16kB) |
|
Text
HAL 1.doc Download (385kB) |
|
Text
16.docx Download (23kB) |
|
Text
17-18.doc Download (6MB) |
|
Text
19.docx Download (17kB) |
|
Text
21.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (34kB) |
Abstract
HASRIANI, 2015.Penerapan Teknik Relaksasi untuk Mengurangi Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian di SMA Negeri 4 Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Hj. Kustiah Sunarty, M.Pd dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd; Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan Teknik Relaksasi untuk Mengurangi Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian di SMA Negeri 4 Pinrang. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu (1). Bagaimanakah gambaran pelaksanaan teknik relaksasi untuk mengurangi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian di SMA Negeri 4 Pinrang? (2).Bagaimanakah tingkat kecemasan siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa teknik relaksasi pada siswa di SMA Negeri 4 Pinrang? (3). Apakah penerapan teknik relaksasi dapat mengurangi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian di SMA Negeri 4 Pinrang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Gambaran penerapan teknik relaksasi yang dapat mengurangi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian di SMA Negeri 4 Pinrang. (2).Mengetahui tingkat kecemasan siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa teknik relaksasi pada siswa di SMA Negeri 4 Pinrang. (3). Mengetahui penerapan teknik relaksasi untuk mengurangi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian di SMA Negeri 4 Pinrang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan desain penelitian Pre-Experimental Design. Sampel penelitian ini adalah 12 orang yang merupakan siswa kelas XII SMA Negeri 4 Pinrang. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Pelaksanaan teknik relaksasi terdiri atas 4 tahapan yaitu teknik relaksasi I (Pemberian informasi), Teknik relaksasi II (Menciptakan lingkungan yang nyaman), Teknik relaksasi III (Latihan Relaksasi) dan Teknik relaksasi IV(Mengurangi intensitas kecemasan). (2)Tingkat kecemasan siswa sebelum diberi teknik relaksasi berada pada kategori sedang dan setelah diberikan teknik relaksasi tingkat kecemasan siswa berada pada kategori rendah.(3).Penerapan teknik relaksasi dapat mengurangi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian di SMA Negeri 4 Pinrang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 02:45 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 02:45 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24523 |
Actions (login required)
View Item |