Ningrum Z.A, Riri Astuti (2015) PENGARUH REGULASI DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG BEKERJA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
Riri Astuti Ningrum Z.A.docx Download (13kB) |
Abstract
PENGARUH REGULASI DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG BEKERJA Riri Astuti Ningrum Z.A Syamsul Bachri Thalib Asmulyani Asri Fakultas Psikologi. Universitas Negeri Makassar Jalan A.P. Pettarani, Makassar, Sulawesi Selatan, 90222 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi diri dalam belajar terhadap prestasi akademik pada mahasiswa yang bekerja. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa psikologi Universitas Negeri Makassar angkatan 2010-2013 yang bekerja minimal 20 jam dan max 40 jam dalam seminggu. Subjek diperoleh dengan teknik accidental sampling dalam pengambilan sampel. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala regulasi diri dan nilai prestasi akademik mahasiswa yang bekerja (IPK). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa besarnya kekuatan hubungan antara nilai variabel regulasidiri dalam belajar terhadap prestasi akademikr adalah r = 0,501 dan nilai signifikansi (p) = 0,002 menunjukkan bahwa probabilitas di bawah 0,01; yang berarti bahwa Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif regulasi diri dalam belajar terhadap prestasi akademik pada mahasiswa yang bekerja. Artinya semakin tinggi regulasi diri dalam belajar maka semakin optimal pula prestasi akademik pada mahasiswa yang bekerja. Koefisien determinasi (R square = 0,251) yang diperoleh menunjukkan bahwa bobot sumbangan efektif total variabel regulasi diri dalam belajar terhadap prestasi akademik adalah sebesar 25,1%. Kata Kunci: regulasi diri, prestasi akademik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | PSIKOLOGI |
Divisions: | FAKULTAS PSIKOLOGI |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 07 Apr 2017 07:42 |
Last Modified: | 07 Apr 2017 07:42 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2452 |
Actions (login required)
View Item |