Ana Sasi Mahta Said (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN MENYONTEK SISWA DI SMK NEGERI 2 PINRANG.
Text
Sampul Skripsi.doc Download (31kB) |
|
Text
Halaman Judul.doc Download (33kB) |
|
Text
Halaman Awal Skripsi.doc Download (57kB) |
|
Text
Daftar Isi.doc Download (47kB) |
|
Text
Daftar Tabel.docx Download (15kB) |
|
Text
BAB I fix.doc Download (83kB) |
|
Text
BAB II fix.doc Download (149kB) |
|
Text
BAB III fix.docx Download (44kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.doc Download (40kB) |
|
Text
L 12 - Data Hasil Pretest dan Postest.docx Download (39kB) |
|
Text
L 16 - Hasil Observasi.docx Download (24kB) |
|
Text
L 17 - 18 Analisis Observasi.docx Download (23kB) |
|
Text
L 19 - Dokumentasi.docx Download (1MB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Download (32kB) |
Abstract
Ana Sasi Mahta Said, 2015. Penerapan Teknik Self Management dalam Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kebiasaan Menyontek Siswa di SMK Negeri 2 Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Farida Aryani, S.Pd, M.Pd dan Drs. H. Muh. Anas Malik, M.Si pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok untuk mengurangi kebiasaan menyontek siswa di SMK Negeri 2 Pinrang. Masalah utama dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran perilaku menyontek siswa sebelum dan sesudah penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok di SMK Negeri 2 Pinrang? (2) Apakah penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok dapat mengurangi kebiasaan menyontek siswa di SMK Negeri 2 Pinrang?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran perilaku menyontek siswa sebelum dan sesudah penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok di SMK Negeri 2 Pinrang. (2) Untuk mengetahui penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok dapat mengurangi kebiasaan menyontek siswa di SMK Negeri 2 Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pre-experimental design. Disain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 23 orang, dan jumlah sampel sebanyak 15 orang. Instrumen pengukuran menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis nonparametrik, yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat menyontek siswa di SMK Negeri 2 Pinrang sebelum penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok berada pada kategori tinggi dan mengalami penurunan sesudah penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok yaitu berada pada kategori rendah. (2) Penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok dapat mengurangi kebiasaan menyontek siswa SMK Negeri 2 Pinrang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 02:00 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 02:00 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24516 |
Actions (login required)
View Item |