PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN MENYONTEK SISWA DI SMK NEGERI 2 PINRANG

Ana Sasi Mahta Said (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN MENYONTEK SISWA DI SMK NEGERI 2 PINRANG.

[img] Text
Sampul Skripsi.doc

Download (31kB)
[img] Text
Halaman Judul.doc

Download (33kB)
[img] Text
Halaman Awal Skripsi.doc

Download (57kB)
[img] Text
Daftar Isi.doc

Download (47kB)
[img] Text
Daftar Tabel.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I fix.doc

Download (83kB)
[img] Text
BAB II fix.doc

Download (149kB)
[img] Text
BAB III fix.docx

Download (44kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.doc

Download (40kB)
[img] Text
L 12 - Data Hasil Pretest dan Postest.docx

Download (39kB)
[img] Text
L 16 - Hasil Observasi.docx

Download (24kB)
[img] Text
L 17 - 18 Analisis Observasi.docx

Download (23kB)
[img] Text
L 19 - Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (32kB)

Abstract

Ana Sasi Mahta Said, 2015. Penerapan Teknik Self Management dalam Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kebiasaan Menyontek Siswa di SMK Negeri 2 Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Farida Aryani, S.Pd, M.Pd dan Drs. H. Muh. Anas Malik, M.Si pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok untuk mengurangi kebiasaan menyontek siswa di SMK Negeri 2 Pinrang. Masalah utama dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran perilaku menyontek siswa sebelum dan sesudah penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok di SMK Negeri 2 Pinrang? (2) Apakah penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok dapat mengurangi kebiasaan menyontek siswa di SMK Negeri 2 Pinrang?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran perilaku menyontek siswa sebelum dan sesudah penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok di SMK Negeri 2 Pinrang. (2) Untuk mengetahui penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok dapat mengurangi kebiasaan menyontek siswa di SMK Negeri 2 Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pre-experimental design. Disain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 23 orang, dan jumlah sampel sebanyak 15 orang. Instrumen pengukuran menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis nonparametrik, yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat menyontek siswa di SMK Negeri 2 Pinrang sebelum penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok berada pada kategori tinggi dan mengalami penurunan sesudah penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok yaitu berada pada kategori rendah. (2) Penerapan teknik self management dalam bimbingan kelompok dapat mengurangi kebiasaan menyontek siswa SMK Negeri 2 Pinrang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:00
Last Modified: 01 Sep 2022 02:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24516

Actions (login required)

View Item View Item