PENERAPAN TEKNIK SELF REGULATION LEARNING UNTUK MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 POLEWALI

ANDI WAHYU IRAWAN (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF REGULATION LEARNING UNTUK MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 POLEWALI.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB I .doc

Download (53kB)
[img] Text
BAB II .doc

Download (175kB)
[img] Text
BAB III .doc

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
012 Analisis data observasi.docx

Download (18kB)
[img] Text
019 DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (40kB)

Abstract

ANDI WAHYU IRAWAN. 2014. Skripsi.Penerapan Teknik Self Regulation Learning untuk Mereduksi Kejenuhan Belajar Siswa Di SMA Negeri 3 Polewali. Dibimbing oleh Prof. Dr. H.M. Arifin Ahmad, MA dan Dr. Farida Aryani, M.Pd Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Self Regulation Learning untuk Mereduksi Kejenuhan Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Polewali. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran tingkat kejenuhan belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik self regulation learning di SMA Negeri 3 Polewali?(2) Apakah teknik self regulation learning dapat mereduksi kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 3 Polewali. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat kejenuhan belajar siswa sebelum dan sesudah diberi teknik self regulation learning di SMA Negeri 3 Polewali. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan teknik self regulation learning dapat mereduksi kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 3 Polewali.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pelitian Pre- Eksperimental Design terhadap 30 orang sampel penelitian dari 120 populasi penelitian yang merupakan siswa kelas X IPS 1-6 di SMA Negeri 3 Polewali. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistic inferensial, pengujian hipotesis melalui uji t. Pelaksanaan teknik self regulation learning di SMA Negeri 3 Polewali dilaksanakan dengan empat pertemuan secara bertahap. Pertama, pemberian informasi mengenai kejenuhan belajar. Kedua, latihan evaluasi diri dan monitoring, serta latihan menentukan tujuan dan perencanaan strategi. Ketiga, latihan memonitoring penerapan strategi. Dan terakhir, latihan memonitoring hasil strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran tingkat kejenuhan belajar siswa sebelum diberi perlakuan berada pada kategori tinggi, setelah diberikan perlakuan tingkat kejenuhan belajar siswa menurun yakni berada pada ketegori rendah. (2) Teknik self regulation learning dapat mereduksi kejenuhan belajar pada siswa kelas X IPS 1-6 di SMA Negeri 3 Polewali.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Sep 2022 01:36
Last Modified: 01 Sep 2022 01:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24514

Actions (login required)

View Item View Item