ANDI WAHYU IRAWAN (2022) PENERAPAN TEKNIK SELF REGULATION LEARNING UNTUK MEREDUKSI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 POLEWALI.
Text
HALAMAN DEPAN.docx Download (52kB) |
|
Text
BAB I .doc Download (53kB) |
|
Text
BAB II .doc Download (175kB) |
|
Text
BAB III .doc Download (128kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (19kB) |
|
Text
012 Analisis data observasi.docx Download (18kB) |
|
Text
019 DOKUMENTASI.docx Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Download (40kB) |
Abstract
ANDI WAHYU IRAWAN. 2014. Skripsi.Penerapan Teknik Self Regulation Learning untuk Mereduksi Kejenuhan Belajar Siswa Di SMA Negeri 3 Polewali. Dibimbing oleh Prof. Dr. H.M. Arifin Ahmad, MA dan Dr. Farida Aryani, M.Pd Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Self Regulation Learning untuk Mereduksi Kejenuhan Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Polewali. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran tingkat kejenuhan belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik self regulation learning di SMA Negeri 3 Polewali?(2) Apakah teknik self regulation learning dapat mereduksi kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 3 Polewali. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat kejenuhan belajar siswa sebelum dan sesudah diberi teknik self regulation learning di SMA Negeri 3 Polewali. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan teknik self regulation learning dapat mereduksi kejenuhan belajar siswa di SMA Negeri 3 Polewali.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pelitian Pre- Eksperimental Design terhadap 30 orang sampel penelitian dari 120 populasi penelitian yang merupakan siswa kelas X IPS 1-6 di SMA Negeri 3 Polewali. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistic inferensial, pengujian hipotesis melalui uji t. Pelaksanaan teknik self regulation learning di SMA Negeri 3 Polewali dilaksanakan dengan empat pertemuan secara bertahap. Pertama, pemberian informasi mengenai kejenuhan belajar. Kedua, latihan evaluasi diri dan monitoring, serta latihan menentukan tujuan dan perencanaan strategi. Ketiga, latihan memonitoring penerapan strategi. Dan terakhir, latihan memonitoring hasil strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran tingkat kejenuhan belajar siswa sebelum diberi perlakuan berada pada kategori tinggi, setelah diberikan perlakuan tingkat kejenuhan belajar siswa menurun yakni berada pada ketegori rendah. (2) Teknik self regulation learning dapat mereduksi kejenuhan belajar pada siswa kelas X IPS 1-6 di SMA Negeri 3 Polewali.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 01:36 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 01:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24514 |
Actions (login required)
View Item |