PENGARUH TEKNIK KONSELING BERPIKIR POSITIF UNTUK MENGURANGI PIKIRAN NEGATIF SISWA DI SMA NEGERI 1 TINGGIMONCONG

HASRUL SAKKA (2022) PENGARUH TEKNIK KONSELING BERPIKIR POSITIF UNTUK MENGURANGI PIKIRAN NEGATIF SISWA DI SMA NEGERI 1 TINGGIMONCONG.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (25kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (24kB)
[img] Text
1. bab I.docx

Download (31kB)
[img] Text
2. bab II.docx

Download (44kB)
[img] Text
3. bab III.docx

Download (44kB)
[img] Text
6. daftar pustaka.docx

Download (23kB)
[img] Text
18. lembar observasi fix.docx

Download (43kB)
[img] Text
19. analisis data observasi.docx

Download (19kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (159kB)

Abstract

Hasrul Sakka. 2014. Pengaruh Teknik Konseling Berpikir Positif untuk Mengurangi Pikiran Negatif Siswa di SMA Negeri 1 Tinggimoncong. Skripsi dibimbing oleh Drs. H. Usman Malik, M.Pd dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini menelaah pengaruh teknik konseling berpikir positif untuk mengurangi pikiran negatif siswa di SMA Negeri 1 Tinggimoncong. Adapun masalah utama penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kecenderungan berpikir negatif siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa teknik konseling berpikir positif pada siswa SMA Negeri 1 Tinggimoncong? (2) Apakah ada pengaruh teknik konseling berpikir positif untuk mengurangi kecenderungan berpikir negatif siswa SMA Negeri 1 Tinggimoncong?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kecenderungan berpikir negatif siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa teknik konseling berpikir positif pada siswa SMA Negeri 1 Tinggimoncong. (2) Untuk mengetahui pengaruh teknik konseling berpikir positif untuk mengurangi kecenderungan berpikir negatif siswa SMA Negeri 1 Tinggimoncong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 180 orang, dan sampel sebanyak 18 orang. Instrumen pengukuran menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis nonparametrik, yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kecenderungan berpikir negatif siswa sebelum diterapkan teknik konseling berpikir positif berada pada kategori tinggi, dan sesudah diterapkan teknik konseling berpikir positif tingkat kecenderungan berpikir negatif siswa mengalami penurunan, yaitu berada pada kategori rendah. (2) Teknik konseling berpikir positif berpengaruh dalam hal pengurangan pikiran negatif siswa di SMA Negeri 1 Tinggimoncong.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:20
Last Modified: 31 Aug 2022 06:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24491

Actions (login required)

View Item View Item