HASRUL SAKKA (2022) PENGARUH TEKNIK KONSELING BERPIKIR POSITIF UNTUK MENGURANGI PIKIRAN NEGATIF SISWA DI SMA NEGERI 1 TINGGIMONCONG.
Text
SAMPUL.docx Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (25kB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (24kB) |
|
Text
1. bab I.docx Download (31kB) |
|
Text
2. bab II.docx Download (44kB) |
|
Text
3. bab III.docx Download (44kB) |
|
Text
6. daftar pustaka.docx Download (23kB) |
|
Text
18. lembar observasi fix.docx Download (43kB) |
|
Text
19. analisis data observasi.docx Download (19kB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Download (159kB) |
Abstract
Hasrul Sakka. 2014. Pengaruh Teknik Konseling Berpikir Positif untuk Mengurangi Pikiran Negatif Siswa di SMA Negeri 1 Tinggimoncong. Skripsi dibimbing oleh Drs. H. Usman Malik, M.Pd dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini menelaah pengaruh teknik konseling berpikir positif untuk mengurangi pikiran negatif siswa di SMA Negeri 1 Tinggimoncong. Adapun masalah utama penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kecenderungan berpikir negatif siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa teknik konseling berpikir positif pada siswa SMA Negeri 1 Tinggimoncong? (2) Apakah ada pengaruh teknik konseling berpikir positif untuk mengurangi kecenderungan berpikir negatif siswa SMA Negeri 1 Tinggimoncong?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kecenderungan berpikir negatif siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa teknik konseling berpikir positif pada siswa SMA Negeri 1 Tinggimoncong. (2) Untuk mengetahui pengaruh teknik konseling berpikir positif untuk mengurangi kecenderungan berpikir negatif siswa SMA Negeri 1 Tinggimoncong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 180 orang, dan sampel sebanyak 18 orang. Instrumen pengukuran menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis nonparametrik, yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kecenderungan berpikir negatif siswa sebelum diterapkan teknik konseling berpikir positif berada pada kategori tinggi, dan sesudah diterapkan teknik konseling berpikir positif tingkat kecenderungan berpikir negatif siswa mengalami penurunan, yaitu berada pada kategori rendah. (2) Teknik konseling berpikir positif berpengaruh dalam hal pengurangan pikiran negatif siswa di SMA Negeri 1 Tinggimoncong.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 06:20 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 06:20 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24491 |
Actions (login required)
View Item |