PENERAPAN STICK DALAM BERHITUNG PERKALIAN MATEMATIKA PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK

DINI ARDANINGSIH (2022) PENERAPAN STICK DALAM BERHITUNG PERKALIAN MATEMATIKA PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK.

[img] Text
jurnal DINI ARDANINGSIH.pdf

Download (740kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari rendahnya kemampuan berhitung perkalian pada anak cerebral palsy tipe spastik pada mata pelajaran Matematika. Cerebral palsy merupakan kekakuan yang di sebabkan oleh sebab˗sebab yang terletak di otak yang dapat mempengaruhi kemampuan motorik, sensorik, kecerdasan, persepsi, dan bicara. Murid yang mengalami gangguan fisik dan kecerdasan akan sulit menguasai kemampuan membaca atau memahami dikarenakan murid mengalami kelainan motorik dan intelegensinya. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah media yang mampu meningkatkan kemampuan berhitung perkalian yaitu dengan menggunakan media stick. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berhitung perkalian melalui media stick pada anak cerebral palsy tipe spastik. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang murid cerebral palsy tipe spastik kelas III di UPT SPF SDN Lariang Bangi 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen single subject research (SSR) yaitu memfokuskan pada individu sebagai sampel penelitian dengan desain penelitian A – B – A. Teknik pengumpulan data yang di gunakan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic deskriptif dan hasilnya ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian pada subjek menunjukkan terjadi peningkatan persentase kemampuan berhitung perkalian sebelum dan sesudah intervensi. Mean level pada fase baseline 1 sebesar 26,6, mean level pada fase intervensi sebesar 58,3, dan mean level pada fase baseline 2 adalah sebesar 83,3. Hal tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan mean level sebesar 56,7 dari fase baseline 1 ke fase baseline 2. Maka diporoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan media stick dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada murid cerebral palsy tipe spastik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:22
Last Modified: 31 Aug 2022 01:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24481

Actions (login required)

View Item View Item