ANALISIS FENOMENA SISWA SALAH SUAI (MALADJUSTMENT) DAN PENANGANANNYA ( STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 MARIORIWAWO)

DEWI MIRANTI (2022) ANALISIS FENOMENA SISWA SALAH SUAI (MALADJUSTMENT) DAN PENANGANANNYA ( STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 MARIORIWAWO).

[img] Text
SAMPUL PROPOSAL.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL SKRIPSI.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (33kB)

Abstract

Dewi Miranti, 2014. Analisis Fenomena Siswa Salah Suai (Maladjustment) dan Penanganannya (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Marioriwawo). Penulisan skripsi ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd dan Dr. Hj. Kustiah Sunarty, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki perilaku salah suai (maladjustment) di sekolah. Rumusan masalah penelitian ini adalah:(1) Bagaimanakah gambaran perilaku siswa yang salah suai di SMP Negeri 1 Marioriwawo? (2) Faktor apa saja kah yang menyebabkan siswa berperilaku salah suai di SMP Negeri 1 Marioriwawo? (3) Bagaimanakah gambaran bimbingan konseling yang pernah dilakukan guru BK di SMP Negeri 1 Marioriwawo? (4) Bagaimanakah gambaran bimbingan yang akan diberikan kepada siswa salah suai di SMP Negeri 1 Marioriwawo. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui: (1) Gambaran perilaku siswa yang salah suai di SMP Negeri 1 Marioriwawo. (2) Faktor yang menyebabkan siswa berperilaku salah suai di SMP Negeri 1 Marioriwawo. (3) Gambaran bimbingan konseling yang pernah dilakukan di SMP Negeri 1 Marioriwawo. (4) Gambaran bimbingan yang telah diberikan kepada siswa salah suai di SMP Negeri 1 Marioriwawo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 2 orang siswa di SMP Negeri 1 Marioriwawo yang mengalami salah suai di sekolah. Dalam penelitian ini diberikan penanganan dengan melaksanakan konseling individu untuk siswa yang memiliki perilaku salah suai. Instrumen pengukuran perilaku salah suai berupa wawancara, tes Who Am I, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian diperoleh (1) Perilaku siswa yang mengalami salah suai (maladjustment) ditandai dengan adanya perilaku sering menyendiri, kecemasan yang berlebihan dan sering mengganggu teman. (2) Faktor yang menyebabkan perilaku salah suai kedua siswa yaitu dikarenakan adanya pengaruh teman-teman yang berada di sekitarnya. Hal lain yang menjadi faktor karena adanya faktor keluarga yaitu terlalu sibuk sehingga jarang memperhatikan kegiatan anak-anaknya dan pengaruh status sosial keluarganya. (3) Pelaksanaan bimbingan dan konseling untuk siswa salah suai sangatlah kurang dan tidak ada pelayanan khusus dari guru BK di sekolah. (4) Pelaksanaan konseling terapi Adlerian dilakukan pada siswa yang memiliki perilaku salah suai di SMP Negeri 1 Marioriwawo. Setelah mengikuti proses konseling terapi Adlerian, maka RA menunjukkan keinginan untuk lebih terbuka kepada teman-temannya di sekolah dan MA memiliki keinginan untuk menghilangkan sifatnya yang suka menyuruh dan mengganggu temannya di kelas.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:18
Last Modified: 30 Aug 2022 07:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24476

Actions (login required)

View Item View Item