PENGEMBANGAN MEDIA LAYANAN INFORMASI BELAJAR MENGGUNAKAN PAPAN BIMBINGAN ONLINE MELALUI BLOG DI SMA MULIA BHAKTI MAKASSAR

APRILOLO (2022) PENGEMBANGAN MEDIA LAYANAN INFORMASI BELAJAR MENGGUNAKAN PAPAN BIMBINGAN ONLINE MELALUI BLOG DI SMA MULIA BHAKTI MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (38kB)
[img] Text
SAMPUL.docx

Download (58kB)
[img] Text
SKRIPSI.doc

Download (7MB)

Abstract

APRILOLO, 2014, Pengembangan Media Layanan Informasi belajar menggunakan Papan Bimbingan Online Melalui Blog di SMA Mulia Bhakti Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Abdullah Pandang, M.Pd dan Drs. H. Kulasse Kanto, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan ;Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Informasi Belajar melalui Papan Bimbingan Online menggunakan Blog. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Pengembangan. Produk yang dikembangkan dikhususkan kepada layanan informasi belajar melalui Papan Bimbingan Online dengan menggunakan blog yang di dalamnya terdapat materi-materi bimbingan Belajar dan layanan konseling berbasis internet. Subyek penelitian ini terbagi atas subyek ahli yaitu guru pembimbing, dan ahli teknologi informasi, serta subyek uji coba yaitu siswa SMA Mulia Bhakti Makassar. Penentuan subyek siswa tersebut dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis isi terhadap data kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase terhadap data kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan adalah sebuah media layanan informasi belajar menggunakan Papan Bimbingan Online dengan menggunakan blog yang di dalamnya terdapat materi-materi bimbingan belajar dan layanan konseling berbasis internet yang telah diselesaikan dengan melakukan dua kali tahap uji, yaitu uji ahli (validasi ahli), dan uji kelompok serta dua kali revisi meliputi: revisi berdasarkan uji ahli, revisi berdasarkan uji kelompok. Revisi dilakukan meliputi beberapa aspek yaitu aspek tampilan blog, materi serta website tujuan link bidang bimbingan, dan tambahan media interaksi. Kesimpulan hasil penelitian pengembangan yaitu Produk Layanan informasi belajar melalui Papan Bimbingan Online dengan menggunakan blog yang dikembangkan layak digunakan di SMA Mulia Bhakti Makassar Bhakti Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:06
Last Modified: 30 Aug 2022 07:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24474

Actions (login required)

View Item View Item