PENERAPAN TEKNIK A-B-C-D-E-F UNTUK MENURUNKAN KEBIASAAN MENYALAHKAN DIRI SENDIRI DI SMP NEGERI 24 MAKASSAR

MUHAMMAD SAID IDRIS (2022) PENERAPAN TEKNIK A-B-C-D-E-F UNTUK MENURUNKAN KEBIASAAN MENYALAHKAN DIRI SENDIRI DI SMP NEGERI 24 MAKASSAR.

[img] Text
SAMPULq.docx

Download (20kB)
[img] Text
Halaman Awal Skripsi Pembaruan.docx

Download (43kB)
[img] Text
isi bab 1,2,3.docx

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (33kB)
[img] Text
HASIL ANGKET PRE TEST DAN POST TEST BARU.docx

Download (34kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.doc

Download (780kB)

Abstract

Muhammad Said Idris, 2014. Penerapan Teknik A-B-C-D-E-F Untuk Menurunkan Kebiasaan Menyalahkan Diri Sendiri di SMP Neg 24 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Abdullah Pandang, M.Pd dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang penerapan teknik A-B-C-D-E-F untuk menurunkan kebiasaan menyalahkan diri sendiri di SMP Neg 24 Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran tingkat kebiasaan menyalahkan diri sendiri siswa sebelum penerapan Teknik A-B-C-D-E-F di SMP Neg 24 Makassar? (2) Bagaimanakah gambaran tingkat kebiasaan menyalahkan diri sendiri siswa setelah penerapan Teknik A-B-C-D-E-F di SMP Neg 24 Makassar? (3) Apakah penerapan Teknik A-B-C-D-E-F dapat menurunkan kebiasaan menyalahkan diri sendiri siswa? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat kebiasaan menyalahkan diri sendiri siswa sebelum Teknik A-B-C-D-E-F di SMP Neg 24 Makassar. (2) Untuk mengetahui gambaran tingkat kebiasaan menyalahkan diri sendiri siswa sebelum dan setelah penerapan Teknik A-B-C-D-E-F di SMP Neg 24 Makassar. (3) Untuk mengetahui penerapan Teknik A-B-C-D-E-F terhadap kebiasaan menyalahkan diri sendiri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bersifat kuantitatif dengan disain eksperimen yang digunakan adalah pre-experimental design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 67 orang, dan penarikan sampel dengan cara purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang. Instrumen pengukuran menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis nonparametrik, yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kebiasaan menyalahkan diri sendiri di SMP Negeri 24 Makassar sebelum penerapan teknik A-B-C-D-E-F berada pada kategori tinggi (2) Tingkat kebiasaan menyalahkan diri sendiri di SMP Negeri 24 Makassar mengalami penurunan setelah penerapan teknik A-B-C-D-E-F yaitu berada pada kategori rendah. (3) Penerapan teknik A-B-C-D-E-F dapat menurunkan kebiasaan menyalahkan diri sendiri di SMP Negeri 24 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Aug 2022 02:48
Last Modified: 29 Aug 2022 02:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24461

Actions (login required)

View Item View Item