KECEMASAN SISWA YANG MENGALAMI PERNIKAHAN DINI DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NO.13 MATTIROWALIE KABUPATEN BONE)

NUR AISYAH NOVIANI (2022) KECEMASAN SISWA YANG MENGALAMI PERNIKAHAN DINI DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NO.13 MATTIROWALIE KABUPATEN BONE).

[img] Text
sampul DLL.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran 1-2.docx

Download (24kB)
[img] Text
LAmpiran 3.docx

Download (23kB)
[img] Text
lampiran 4.docx

Download (15kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (41kB)

Abstract

Nur Aisyah Noviani. 2014. Kecemasan Siswa yang Mengalami Pernikahan Dini dan Penanganannya (Studi Kasus di Madrasah Aliyah No.13 Mattirowalie Kabupaten Bone). Skripsi dibimbing oleh Dr. Sulaiman Samad, M.Si dan Prof. Dr. H. M. Arifin Ahmad, M.A. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami Pernikahan Dini. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Faktor-faktor apa yang menyebabkan kecemasan siswa yang mengalami pernikahan dini di MA No.13 Mattirowalie Kabupaten Bone (2) Apa dampak Psikologi, Sosial, dan Fisik yang ditimbulkan dari kecemasan siswa yang mengalami pernikahan dini di MA No.13 Mattirowalie Kabupaten Bone (3) Bagaimana Bimbingan dan Konseling dalam mengurangi kecemasan siswa yang mengalami pernikahan dini di MA No.13 Mattirowalie Kabupaten Bone.Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui: (1) faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan siswa yang mengalami pernikahan dini di MA No.13 Mattirowalie Kabupaten Bone. (2) dampak psikologi,social dan fisik yang ditimbulkan dari kecemasan siswa yang mengalami pernikahan dini di MA No.13 Mattirowalie Kabupaten Bone (3)Upaya Bimbingan dan Konseling dalam mengurangi kecemasan siswa yang mengalami pernikahan dini di MA No.13 Mattirowalie Kabupaten Bone . Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 1 orang siswa di Madrasah Aliyah No.13 Mattirowalie Kabupaten Bone yang telah mengalami kecemasan akibat pernikahan dini. Dalam penelitian ini diberikan penanganan dengan melaksanakan konseling individu dengan teknik Rational Emotive BehaviorTherapy. Instrumen pengukuran berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian diperoleh (1) faktor yang menyebabkan kecemasan siswa yang mengalami pernikahan dini adalah faktor keterpaksaan, faktor pendidikan dan status ekonomi,Faktor umur, Faktor lingkungan dan situasi. (2) dampak yang ditimbulkan dari kecemasan siswa yang mengalami pernikahan dini berupa dampak Psikolog, Sosial, dan Fisik (3) Upaya Bimbingan Konseling dalam mengurangi kecemasan siswa yang mengalami pernikahan dini dengan Konseling Individu. Setelah mengikuti proses konseling Rational Emotive Behavior, maka HS menunjukkan keinginan untuk mengubah sifatnya yang selalu melamun, gelisah,bingung, labil dan tidak ingin bersosialisasi ataupun menarik diri dari sekitarnya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Aug 2022 02:03
Last Modified: 29 Aug 2022 02:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24457

Actions (login required)

View Item View Item