KURNIANTO (2022) PENERAPAN TEKNIK TERAPI MEDITASI UNTUK MENURUNKAN SIFAT AGRESIFITAS EMOSI SISWA DI SMA NEGERI 3 MAKASSAR.
Text
sampul.docx Download (34kB) |
|
Text
lampiran depan.docx Download (51kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (51kB) |
|
Text
BAB III asli.docx Download (52kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (19kB) |
|
Text
LAMPIRAN 11 ANALISIS DESKRIPTIF.rtf Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAN 12 PEDOMAN OBSERVASI.docx Download (16kB) |
|
Text
LAMPIRAN 13 HASIL OBSERVASI.docx Download (34kB) |
|
Text
LAMPIRAN 14 DOKUMENTASI.docx Download (2MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (33kB) |
Abstract
KURNIANTO, 2014. Penerapan Teknik Terapi Meditasi untuk Menurunkan Sifat Agresivitas Emosi Siswa di SMA Negeri 3 Makassar. Dibimbing oleh Drs. H. Abdullah Pandang, M.Pd dan Prof. Dr. H. M. Arifin Ahmad, M.A. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah pengaruh Penerapan Teknik Terapi Meditasi untuk Menurunkan Sifat Agresivitas Emosi Siswa. Masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana gambaran perilaku agresivitas emosi siswa di SMA Negeri 3 Makassar? 2 Bagaimana penurunan sifat agresivitas emosi melalui penerapan teknik terapi meditasi pada siswa di SMA Negeri 3 Makassar? Tujuan penelitian ini adalah: 1 Untuk mengetahui bagamaina kecenderungan perilaku agresivitas emosi siswa di kelas XI di SMA Negeri 3 Makassar. 2. Untuk mengetahui penerapan teknik terapi meditasi terhadap penurunan sifat agresivitas emosi siswa di SMA Negeri 3 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen terhadap 25 sampel penelitian, yang merupakan siswa kelas XI IPA dan XI IPS SMA Negeri 3 Makassar tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis statistik inferensial, yaitu Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran Tingkat perilaku agresiv siswa di SMA Negeri 3Makassar sebelum perlakuan berada pada kategori tinggi akan tetapi sesudah diberi perlakuan berupa penerapan teknik terapi meditasi untuk menurunkan sifat agresivitas mengalami penurunan atau berada pada kategori rendah. (2) penerapan teknik terapi meditasi dapat menurunkan secara signifikan sifat agresivitas emosi siswa. Artinya dengan menggunakan perlakuan berupa Penerapan terapi meditasi untuk menurunkan sifat agresivitas emosi siswa, perilaku agresiv siswa dapat mengalami penurunan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 01:55 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 01:55 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24456 |
Actions (login required)
View Item |