PENERAPAN PENDEKATAN REBT (RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY) UNTUK MENGURANGI PERILAKU SALAH SUAI (MALADJUSTMENT) (STUDI KASUS SISWA DI SMA NEGERI 1 BONTONOMPO KAB. GOWA)

NURJANNAH (2022) PENERAPAN PENDEKATAN REBT (RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY) UNTUK MENGURANGI PERILAKU SALAH SUAI (MALADJUSTMENT) (STUDI KASUS SISWA DI SMA NEGERI 1 BONTONOMPO KAB. GOWA).

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAGIAN DEPAN.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB I - BAB IV.docx

Download (1MB)

Abstract

Nurjannah, 104404084. 2014. Penerapan Pendekatan REBT (Rational Emotive Behavior Therapy) Untuk Mengurangi Perilaku Salah Suai (Maladjustment) (Studi Kasus Siswa Di SMA Negeri 1 Bontonompo Kab. Gowa). Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdullah Sinring, M.Pd dan Dr. Farida Aryani, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa salah suai (maladjustment) yakni siswa yang sulit berkonsentrasi dalam belajar, perhatiannya sulit dipusatkan pada satu tempat atau topik, sering berpindah-pindah tempat karena anak tersebut gampang bosan dengan satu hal, dan anak tersebut dikategorikan anak yang paling nakal. Masalah utama penelitian: 1. Faktor- faktor apa yang menyebabkan timbulnya perilaku salah suai di SMA Negeri 1 Bontonompo? 2. Apa dampak yang ditimbulkan dari perilaku salah suai di SMA Negeri 1 Bontonompo? 3. Apakah pendekatan REBT dengan menggunakan tehnik Dispute Kognitif (cognitive disputation) dapat mengurangi perilaku salah suai di SMA Negeri 1 Bontonompo? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: 1 Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perilaku salah suai di SMA Negeri 1 Bontonompo. 2. Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh perilaku salah suai di SMA Negeri 1 Bontonompo. 3. Untuk megetahui apakah pendekatan REBT dengan menggunakan tehnik Dispute Kognitif (cognitive disputation) dapat mengurangi perilaku salah suai di SMA Negeri 1 Bontonompo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 1 orang siswa SMA Negeri 1 Bontonompo. Tehnik pengumpulan data menggunakan instrument yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) faktor penyebab perilaku salah suai (maladjustment) yakni; faktor Lingkungan. Baik lingkungan keluarga, sekolah maupun lingkungan masyarakat. 2) dampak perilaku salah suai (maladjustment) berdampak terhadap prestasi belajar dan hubungan sosial dengan teman sebaya. 3) pendekatan REBT (Rational Emotive Behavior Therapy) dengan menggunakan tehnik dispute kognitif mampu mengurangi perilaku salah suai (maladjustment) siswa yang disekolah Pendekatan REBT dengan menggunakan tehnik dispute kognitif merupakan tehnik yang bertujuan untuk merubah keyakinan irasional siswa menjadi keyakinan rasional. Setelah pemberian tehnik tersebut, kasus RW sudah menunjukkan adanya perubahan yang mengarah kearah positif.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:33
Last Modified: 29 Aug 2022 01:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24453

Actions (login required)

View Item View Item