HASAN (2022) PENERAPAN TEKNIK SQ3R DALAM BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENGURANGI KESULITAN MEMAHAMI ISI BACAAN TEKS DI SMAN 1 ANGGERAJA KAB. ENREKANG.
Text
SAMPUL KOE.docx Download (49kB) |
|
Text
HALAMAN DEPAN.docx Download (109kB) |
|
Text
ISI.docx Download (240kB) |
|
Text
Lampiran 7-9.docx Download (82kB) |
|
Text
Lampiran 10-13.docx Download (111kB) |
|
Text
Lampiran 14-15.docx Download (34kB) |
|
Text
Lampiran 16-17.docx Download (719kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (38kB) |
Abstract
HASAN.2014. Penerapan Teknik SQ3R dalam Bimbingan Belajar untuk Mengurangi Kesulitan Dalam Memahami Isi Bacaan Teks Siswa Di SMAN 1 Anggeraja Kab. Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.H.Kustiah Sunarty, M.Pd dan Prof.Dr.H.Muh. Arifin Ahmad, M.A Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik SQ3R dalam Bimbingan Belajar untuk Mengurangi Kesulitan Memahami Isi Bacaan Teks Siswa Di SMAN 1 Anggeraja Kab. Enrekang. Masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah gambaran pelaksanaan teknik SQ3R dalam bimbingan belajar untuk mengurangi kesulitan dalam memahami isi bacaan teks di SMAN 1 Anggeraja Kab. Enrekang, 2. Bagaimanakah tingkat kesulitan memahami isi bacaan teks yang diberikan dan tidak diberikan teknik SQ3R di SMAN 1 Anggeraja Kab. Enrekang, 3.Apakah penerapan teknik SQ3R dapat mengurangi kesulitan memahami isi bacaan teks di SMAN 1 Anggeraja Kab. Enrekang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :1. Untuk mengetahui pelaksanaan teknik SQ3R untuk mengurangi kesulitan belajar dalam memahami isi bacaan yang di hadapi siswa di SMA Negeri I Anggeraja Kab. Enrekang, 2. Untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar dalam memahami isi bacaan siswa di SMA Negeri 1 Anggeraja Kab. Enrekang yang diberikan dan tidak diberikan teknik SQ3R, 3. Untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik SQ3R dalam bimbingan belajar untuk mengurangi kesulitan belajar dalam memahami isi bacaan di SMA Negeri 1 Anggeraja Kab. Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Tru-Eksperimental Design terhadap 150 siswa yang menjadi pupulasi dan 30 siswa yang menjadi sampel penelitian yang merupakan siswa kelas XI di SMAN 1 Anggeraja Kab. Enrekang dengan klasifikasi 15 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan 15 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. pelaksanaan teknik SQ3R dalam bimbingan belajar di SMAN 1 Anggeraja Kab. Enrekang dilaksanakan 5 kali pertemuan, Pertemuan I, pemberian informasi mengenai teknik SQ3R dan kesulitan memahami isi bacaan. Pertemuan II, latihan survey dan Question. Pertemuan III, latihan read, recite dan review. Pertemuan IV dan V, pemberian teknik SQ3R dalam bimbingan belajar dengan bahan bacaan yang berbeda, 2. Tingkat kesulitan memahami isi bacaan teks siswa di SMAN 1 Anggeraja Kab. Enrekang sebelum diberi teknik SQ3R dalam bimbingan belajar berada dalam kategori “Tinggi” dan setelah diberi teknik SQ3R dalam bimbingan belajar menurun atau berada dalam kategori “sedang”, 3. Teknik SQ3R dalam bimbingan belajar dapat mengurangi kesulitan memahami isi bacaan teks siswa kelas XI di SMAN 1 Anggeraja Kab. Enrekang
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 01:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 01:21 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24452 |
Actions (login required)
View Item |