Career Day Bagi Siswa Dan Guru SMA Bimbingan Konseling

Aryani, Farida and Bakhtiar, Muhammad Ilham (2018) Career Day Bagi Siswa Dan Guru SMA Bimbingan Konseling. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1). pp. 12-17. ISSN 2614-6673

[img] Text (Turnitin)
15. Career Day Bagi Siswa dan Guru SMA Bimbingan Konseling.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Peer reviewer)
peer reviewer Career Day bagi siswa dan guru SMA bimbingan konseling.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Artikel)
15. Career Day Bagi Siswa dan Guru SMA Bimbingan Konseling.pdf

Download (348kB)
Official URL: https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php...

Abstract

Abstract Tujuan IbM ini untuk memberikan siswa pemahaman dan menilai dirinya terutama potensi yang dimilikinya yang terkait dengan dunia kerja yang akan dipilihnya kelak, dan Siswa mampu merencanakan masa depan secara rasional sesuai dengan potensi dan minat yang dimilikinya. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah : Metode persentase dan ceramah dan tanya jawab, metode diskusi, metode praktek, tersedia stand karir, Aplikasi e-career, konseling individu untuk konsultasi pilihan karir. Sebagai upaya yang dianggap tepat dalam membantu siswa untuk memilih karir terutama dalam melanjukan studi, dan memilih pekerjaan yang tepat sesuai potensi dan bakat minatnya adalah dengan memberikan bimbingan karir kepada siswa yang lebih kepada informasi dan cara bersikap terhadap pilihan-pilihan studi dan siap berada ditengah masyarakat untu bekerja. Melihat hal tersebut maka solusi yang ditawarkan adalah memberikan Career Day bagi siswa dan guru di SMA Kabupaten Sidrap. Hasil pelaksanaan kegiatan melalui penerapan pemberian kegiatan Career Day bagi Guru dan Siswa berjalan dengan baik, siswa telah memahami dan dapat menilai potensi yang dimilikinya khususnya yang terkait dengan dunia kerja yang akan dipilihnya, Siswa telah mampu merencanakan masa depannya secara rasional sesuai dengan potensi dan minat yang dimilikinya. Guru telah mengetahui pelayanan bimbingan karir di sekolah, guru BK memberikan layanan karir dan menyusun program bimbingan karir, kemudian mampu melakukan praktek-praktek yang telah diberikan, guru BK juga telah mengetahui berbagai jenis-jenis program layanan bimbingan karir yang dapat diterapkan disekolah masing-masing seperti materi karir, perencanaan masa depan, mengenal bakat dan minat lewat tes, implementasi permen 111 tahun 2014 di sekolah serta koordinasi antar stekholder dalam menyelenggarakan kegiatan bimbingan karir atau mengkolaborasikan dengan unsur-unsur yang lain

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Career Day; Bimbingan konseling; dan Dunia kerja
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 24 Aug 2022 13:29
Last Modified: 02 Sep 2022 22:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24429

Actions (login required)

View Item View Item