FENOMENA GENG SISWA DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 19 MAKASSAR)

Dhani Awalia Surki. (2022) FENOMENA GENG SISWA DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 19 MAKASSAR).

[img] Text
sampul DLL.docx

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (152kB)

Abstract

Dhani Awalia Surki. 2014. Fenomena Geng Siswa di Sekolah (Studi Kasus di SMP Negeri 19 Makassar). Skripsi ini dibimbing oleh Drs. H. Muh. Ibrahim, M.Si dan Dra. Hj. Kustiah Sunarty, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah anggota geng siswa yang memiliki perilaku negatif di sekolah. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perilaku siswa yang menjadi anggota geng di SMP Negeri 19 Makassar? (2) Faktor apa yang menyebabkan perilaku negatif anggota geng siswa di SMP Negeri 19 Makassar? (3) Bagaimana cara mengatasi perilaku negatif anggota geng siswa di SMP Negeri 19 Makassar?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui: (1) Perilaku siswa yang menjadi anggota geng di SMP negeri 19 Makassar. (2) Faktor yang menyebabkan perilaku negatif anggota geng siswa di SMP Negeri 19 Makassar. (3) Cara mengatasi perilaku negatif anggota geng siswa di SMP Negeri 19 Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 2 orang siswa di SMP Negeri 19 Makassar yang menjadi anggota geng di sekolah. Dalam penelitian ini diberikan penanganan dengan melaksanakan konseling individu untuk siswa yang memiliki perilaku negatif di sekolah. Instrumen pengukuran perilaku negatif geng siswa di sekolah berupa wawancara, observasi dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian diperoleh (1) Perilaku siswa yang menjadi anggota geng di sekolah ditandai dengan adanya perilaku sering mengganggu teman secara berkelompok, melakukan pemalakan, berkelahi dan merokok di kelas. (2) Faktor yang menyebabkan perilaku negatif kedua siswa yang menjadi anggota geng dikarenakan adanya pengaruh teman-teman yang berada di sekitarnya. Hal lain yang menjadi faktor karena adanya faktor keluarga yaitu terlalu sibuk sehingga jarang memperhatikan kegiatan anak-anaknya dan adanya keretakan diantara kedua orang tua, akibatnya anak merasa tidak diperhatikan dan lebih senang bergaul dengan teman-temannya di sekolah. (3) Pelaksanaan konseling client centered dilakukan pada siswa yang menjadi anggota geng negatif di SMP Negeri 19 Makassar. Setelah mengikuti proses konseling client centered, maka IH menunjukkan keinginan untuk menghilangkan kebiasaan berkelahi di sekolah dan DK memiliki keinginan untuk tidak berkelahi dengan temannya serta berusaha untuk tidak mengganggu teman dan melanggar aturan sekolah.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Aug 2022 05:29
Last Modified: 24 Aug 2022 05:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24416

Actions (login required)

View Item View Item