PENERAPAN TEKNIK SIMULATION GAMES UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH DDI KANANG KAB. POLEWALI MANDAR

NURMI (2022) PENERAPAN TEKNIK SIMULATION GAMES UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH DDI KANANG KAB. POLEWALI MANDAR.

[img] Text
Sampul.docx

Download (34kB)
[img] Text
Halaman Depan.docx

Download (76kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (38kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (13kB)
[img] Text
Lampiran 1-3.docx

Download (37kB)
[img] Text
Lampiran 4 RPBK.docx

Download (17kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (37kB)

Abstract

NURMI. 2014. Penerapan Teknik Simulation Games untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah DDI Kanang Kab. Polman. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Kustiah Sunarty, M.Pd dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Simulation Games untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah DDI Kanang Kab. Polewali Mandar. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran tingkat kejenuhan belajar siswa. (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan Teknik Simulation Games untuk mengurangi kejenuhan belajar. (3) Apakah ada pengaruh pemberian Teknik Simulation Games untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat kejenuhan belajar siswa sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) diberikan Teknik Simulation Games (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan Teknik Simulation Games untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa di Madrasah Aliyah DDI Kanang Kab. Polewali Mandar. (3) Untuk mengetahui apakah pemberian Teknik Simulation Games berpengaruh dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa di Madrasah Aliyah DDI Kanang Kab. Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain Pre-Experimen Design terhadap 15 sampel penelitian, yang merupakan siswa kelas XI Madrasah Aliyah DDI Kanang Kab. Polewali Mandar tahun ajaran 2013/2014. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis statistik inferensial dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi.: (1) Gambaran Tingkat kejenuhan belajar siswa sebelum diberi perlakuan berupa Teknik Simulation Games berada pada kategori tinggi dan menunjukkan penurunan setelah diberi perlakuan yaitu berada pada kategori sedang. (2) Pelaksanaan Teknik Simulation Games untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa di Madrasah Aliyah DDI Kanang Kab. Polewali Mandar di laksanakan 5 kali pertemuan secara bertahap. Pertama, Pemberian Informasi Materi Kejenuhan Belajar dan Teknik Simulation games. Kedua Latihan Permainan Stand Up. Ketiga, Latihan Permainan Gelombang Tangan. Keempat, Latihan Permainan Rolling Ball. Dan terakhir, Evaluasi (3) Penerapan Teknik Simulation Games berpengaruh terhadap penurunan kejenuhan belajar siswa di Madrasah Aliyah DDI Kanang Kab. Polewali Mandar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Aug 2022 01:42
Last Modified: 24 Aug 2022 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24413

Actions (login required)

View Item View Item