PENERAPAN SELF REGULATION LEARNING STRATEGIES MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 TAMALATEA KAB. JENEPONTO.

BASRI AHMAD (2022) PENERAPAN SELF REGULATION LEARNING STRATEGIES MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 TAMALATEA KAB. JENEPONTO.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.rtf

Download (335kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (44kB)
[img] Text
INI PROPOSAL BARU.docx

Download (93kB)
[img] Text
JADWAL PENELITIAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (46kB)

Abstract

BASRI AHMAD. 2014. Penerapan Self Regulation Learning Strategies Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 2 Tamalatea Kab. Jeneponto. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Muhammd Anas, M.Si dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah mengenai masalah prestasi belajar Siswa. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan pemberian teknik Self Regulation Learning Strategies. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul, Penerapan Self Regulation Learning Strategies Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 2 Tamalatea Kab. Jeneponto. Masalah penelitian ini adalah: 1). Bagaimana gambaran Self-Regulation Learning (SRL) siswa SMP Negeri 2 Tamalatea sebelum dan setelah pemberian perlakuan. 2). Bagaimana gambaran prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Tamalatea sebelum dan setelah pemberian perlakuan. 3). Apakah Self-Regulation Learning (SRL) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Tamalatea. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1). Untuk mengetahui gambaran tentang Self-Regulation Learning (SRL) siswa SMP Negeri 2 Tamalatea sebelum dan setelah pemberian perlakuan. 2). Untuk mengetahui gambaran prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Tamalatea sebelum dan setelah pemberian perlakuan. 3). Untuk mengetahui pengaruh Self-Regulation Learning (SRL) terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Tamalatea. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre Eksperimental Design terhadap 20 sampel penelitian yang merupakan siswa kelas VIII. I di SMP Negeri 2 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Pengumpulan data dengan menggunakan dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Tamalate sebelum diberi perlakuan, berada pada kategori rendah, akan tetapi setelah diberi perlakuan tingkat hubungan interpersonal berbasis budaya lokal siswa berada pada kategori sangat baik (2) Penerapan teknik self regulation learning strategies melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Tamalatea

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Aug 2022 01:35
Last Modified: 24 Aug 2022 01:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24411

Actions (login required)

View Item View Item