PENERAPAN TEKNIK TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA DI SMA NEGERI 1 RANTETAYO KABUPATEN TANA TORAJA

Sri Wahyunengsih (2022) PENERAPAN TEKNIK TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA DI SMA NEGERI 1 RANTETAYO KABUPATEN TANA TORAJA.

[img] Text
Sampul.docx

Download (22kB)
[img] Text
SAMPUL 1.docx

Download (20kB)
[img] Text
Halaman Awal Skripsi.docx

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran 5,6,7,8 Angket.docx

Download (43kB)
[img] Text
Lampiran 9 Skor Uji Coba.docx

Download (41kB)
[img] Text
Lampiran 10 Uji Validasi.docx

Download (26kB)
[img] Text
Lampiran 19 Dokumen.docx

Download (805kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.rtf

Download (824kB)

Abstract

Sri Wahyunengsih, 2014. Penerapan Teknik Talking Stick Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Mengemukakan Pendapat Siswa di SMA Negeri 1 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Muh. Ibrahim, M.Si dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang penerapan teknik talking stick untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa mengemukakan pendapat di SMA Negeri 1 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja. Masalah utama dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan teknik talking stick untuk meningkatkan kepercayaan diri mengemukakan pendapat siswa di SMA Negeri 1 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja? (2) Bagaimanakah gambaran kepercayaan diri mengemukakan pendapat siswa sebelum dan sesudah penerapan teknik talking stick di SMA Negeri 1 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja? (3) Apakah penerapan teknik talking stick dapat meningkatkan kepercayaan diri mengemukakan pendapat siswa di SMA Negeri 1 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik talking stick untuk meningkatkan kepercayaan diri mengemukakan pendapat siswa di SMA Negeri 1 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja. (2) Untuk mengetahui gambaran kepercayaan diri mengemukakan pendapat siswa sebelum dan sesudah penerapan teknik talking stick di SMA Negeri 1 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja. (3) Untuk mengetahui apakah penerapan teknik talking stick dapat meningkatkan kepercayaan diri mengemukakan pendapat siswa di SMA Negeri 1 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bersifat kuantitatif dengan disain eksperimen yang diguanakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 31 orang, dan jumlah sampel sebanyak 10 orang. Instrumen pengukuran menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis nonparametrik, yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan teknik talking stick dilakukan dengan lima kali pertemuan dimana setiap pertemuan dilkukan dengan beberapa tahap, yaitu pertama konselor menyampikan materi pembahasan kepada konseli, kemudian konselor memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir/berdiskusi mengenai materi yang dibahas, dan terakhir konselor memberikan tongkat kepada salah satu siswa untuk berkomentar menyangkut materi yang dibahas (2) Tingkat kepercayaan diri mengemukakan pendapat siswa di SMA Negeri 1 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja sebelum penerapan teknik talking stick berada pada kategori rendah dan mengalami peningkatan sesudah penerapan teknik talking stick yaitu berada pada kategori tinggi (3) Penerapan teknik talking stick dapat meningkatkan kepercayaan diri mengemukakan pendapat siswa di SMA Negeri 1 Rantetayo Kabupaten Tana Toraja.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Aug 2022 01:28
Last Modified: 24 Aug 2022 01:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24408

Actions (login required)

View Item View Item