PENERAPAN TEKNIK DESENSITISISASI SISTEMATIS MELALUI MEDIA TARI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA NEGERI 1 BULUKUMBA

SUTRA AWALIYAH DARFIN (2022) PENERAPAN TEKNIK DESENSITISISASI SISTEMATIS MELALUI MEDIA TARI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA NEGERI 1 BULUKUMBA.

[img] Text
Sampul Depan.docx

Download (39kB)
[img] Text
Halaman Depan.docx

Download (48kB)
[img] Text
Isi Skripsiku 12345.docx

Download (174kB)
[img] Text
Lampiran 1 (Pedoman Wawancara).docx

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran 2 (Jadwal Pelaksanaan).docx

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran 14 (Data Penelitian Goin Skor).docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran 18 (Lembar Observasi DSMT).docx

Download (23kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDU1.docx

Download (40kB)

Abstract

SUTRA AWALIYAH DARFIN. 2014. Penerapan Teknik Desensitisasi Sistematis Melalui Media Tari Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di SMA Negeri 1 Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.H Abdullah Pandang, M.Pd dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Teknik Desensitisasi Sistematis Melalui Media Tari Untuk Meningkatkan Kepercayaaan Diri Siswa Di SMA Negeri 1 Bulukumba. Masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana gambaran tingkat kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 1 Bulukumba sebelum dan sesudah diberikan teknik Desensitisasi sistematis melalui tari? 2. Apakah pengaruh teknik deentisisasi sistematis melalui media tari terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 1 Bulkumba? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (3) Bagaimana gambaran pelaksanaan teknik Desensitisasi sistematis melalui media tari terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 1 Bulukumba?:1. Untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswasebelum dan sesudah diterapkan teknik Desensitisasi sistematis melalui media tari di SMA NEgeri 1 Bulukumba. 2. Untuk mengetahui pengaruh teknik Desensitisasi sistematis terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 1 Bulukumba, (3) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik Desensitisasi sistematis melalui media tari terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa di Sma Negeri 1 Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Tru-Eksperimental Design terhadap 24 sampel penelitian yang merupakan siswa kelas Xi IPS di SMA Negeri 1 Bulukumba dengan klasifikasi 12 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan 12 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran pelaksanaan teknik Desensitisasi sistematis melalui media tari di SMA Negeri 1 Bulukumba dilaksanakan selama 3 kali penampilan berdasarkan hirarki yang telah ditentukan dimulai dari rangsangan yang paling ringan sampai yeng berat. Pertemuan pertama siswa menari dihadapan 8 orang temannya selanjutnya siswa menari dihadapan semua teman-temannya, dan yang terakhir siswa menari dihadapan teman-teman dan wali kelasnya.2)Terdapat pengaruh positif yang signifikan penerapan teknik desentisisai sistematis melalui media atri pada siswa SMA Neg.1 Bulukumba. Artinya, kepercayaan diri siswa dapat ditingkatkan dengan pemberian teknik Desensitisasi sistematis melalui media tari. (3) Tingkat kepercayaan diri siswa di SMA Neg.1 Bulukumba sebelum diberi perlakuan berupa teknik Desensitisasi sistematis melalui media tari berada dalam kategori “sedang” dan setelah diberi teknik Desensitisasi sistematis melalui media tari meningkat atau berada dalam kategori ‘tinggi”.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:13
Last Modified: 23 Aug 2022 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24378

Actions (login required)

View Item View Item